Hari Ham Internasional, Sanksi dari Pemerintahan Trump untuk Pejabat Komunis Tiongkok yang Menganiaya Falun Gong

 

Menteri Luar Negeri AS Pompeo mengumumkan pada 10 Desember sanksi terhadap pejabat Komunis Tiongkok yang menganiaya Falun Gong. (JACQUELYN MARTIN / POOL / AFP melalui Getty Images)

NTD News

Pada Hari Hak Asasi Manusia Internasional pada 10 Desember, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat mengumumkan akan memberikan sanksi kepada 17 pejabat asing dan mantan pejabat pemerintah yang berpartisipasi dalam pelanggaran hak asasi manusia yang serius. Pejabat itu termasuk Huang Yuanxiong, direktur Kantor Polisi Wucun dari Biro Keamanan Umum Xiamen yang menganiaya praktisi Falun Gong Tiongkok. Mereka dan anggota keluarga dekatnya akan dimintai pertanggungjawaban.

Pengumuman Departemen Luar Negeri menyatakan: “Mempromosikan penghormatan terhadap hak asasi manusia dan kebebasan fundamental tetap menjadi prioritas utama Amerika Serikat. Pada Hari Hak Asasi Manusia ini, Amerika Serikat dengan bangga menegaskan kembali bahwa kami berkomitmen untuk menggunakan semua alat dan kekuatan yang sesuai untuk mengingatkan orang-orang tentang kepedulian. Pelanggaran dan pelanggaran hak asasi manusia, dan promosi pertanggungjawaban kepada mereka yang bertanggung jawab atas pelanggaran dan pelanggaran ini, tidak peduli kapan dan di mana pelanggaran ini terjadi.”

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo menunjukkan dalam pernyataan tertulis bahwa Huang Yuanxiong, seorang pejabat di Kantor Polisi Wucun dari Biro Keamanan Umum Kota Xiamen di Tiongkok, sangat melanggar kebebasan berkeyakinan praktisi Falun Gong. Huang Yuanxiong sendiri berpartisipasi dalam penahanan dan interogasi terhadap praktisi Falun Gong. Menurut peraturan Amerika Serikat yang relevan, Huang Yuanxiong dan pasangannya tidak akan diizinkan masuk ke Amerika Serikat.

Huang Yuanxiong menjabat sebagai instruktur Tim Polisi Kedua dari Kantor Polisi Wucun, Cabang Siming dari Biro Keamanan Umum Xiamen.

Mike Pompeo mengatakan, “Ketika pemerintah Komunis Tiongkok melakukan pelanggaran yang mengerikan dan sistematis terhadap rakyat Tiongkok, termasuk pelanggaran hak yang diakui secara internasional atas kebebasan berpikir, hati nurani, beragama, atau berkeyakinan, dunia tidak dapat berpangku tangan.”
Praktisi Falun Gong menyimpan potret orang-orang yang terbunuh dalam penganiayaan di Tiongkok selama pawai Hari Falun Dafa Sedunia di Jalan ke-42 di New York, pada tanggal 13 Mei 2016. (Samira Bouaou / Epoch Times)

Beberapa komentator percaya bahwa ini adalah pengumuman publik pemerintah Amerika Serikat tentang sanksi terhadap pejabat Komunis Tiongkok yang menganiaya Falun Gong. Inilah yang paling ditakuti oleh Komunis Tiongkok. Ini adalah pencegah yang kuat bagi pejabat Komunis Tiongkok yang berpartisipasi dalam penganiayaan terhadap Falun Gong, dan memiliki makna yang luar biasa. Semua pejabat Komunis Tiongkok yang terlibat dalam penganiayaan terhadap Falun Gong mungkin akan menghadapi nasib yang sama di masa depan.

Pompeo juga menjabat sebagai Sekretaris Negara pertama di Amerika Serikat yang mengeluarkan pernyataan resmi yang mengutuk penganiayaan Komunis Tiongkok terhadap Falun Gong.

Pada 20 Juli yang lalu, Pompeo mengeluarkan pernyataan pada peringatan 21 tahun penindasan Komunis Tiongkok terhadap Falun Gong. Pompeo mengutuk Komunis Tiongkok yang menginjak-injak dan melecehkan praktisi Falun Gong. Pompeo juga menyerukan Komunis Tiongkok untuk menghentikan penindasan yang telah berlangsung lama.

“Penganiayaan terhadap praktisi Falun Gong telah berlangsung selama 21 tahun. Sudah terlalu lama dan harus dihentikan,” kata Pompeo .

Pada sore hari tanggal 3 Desember, Pompeo bertemu untuk pertama kalinya di Dewan Negara dengan perwakilan dari banyak kelompok yang mengalami penganiayaan berat oleh Komunis Tiongkok. Perwakilan Falun Gong di Washington, Lin Xiaoxu, juga menghadiri pertemuan tersebut.

Lin Xiaoxu mengatakan bahwa Pompeo sangat mementingkan pengambilan organ tubuh ilegal yang dilakukan Komunis Tiongkok. Asisten Menteri Luar Negeri Destro juga menangani masalah ini.

“Mereka mungkin akan segera mendapat berita yang mengejutkan,” kata Lin Xiaoxu.

Mantan pemimpin Komunis Tiongkok, Jiang Zemin memulai penganiayaan terhadap Falun Gong pada tahun 1999. Sistem politik dan hukum Komunis Tiongkok dan Kejaksaan Umum serta Departemen Kehakiman berpartisipasi dalam penganiayaan dari atas ke bawah. “Organisasi Internasional untuk Melacak Penganiayaan terhadap Falun Gong” telah mencatat organisasi dan individu yang terlibat dalam penganiayaan, dan dengan sungguh-sungguh memperingatkan bahwa tidak peduli di belahan dunia manapun, tidak peduli berapa lama waktunya, itu akan diselidiki sampai akhir.
Pada 20 Juli 1999, Jiang Zemin, mantan ketua Partai Komunis Tiongkok (PKT), melancarkan penganiayaan brutal untuk membasmi Falun Gong. (© Getty Images | MIKE CLARKE / AFP)

Komunis Tiongkok telah dengan kejam menganiaya praktisi Falun Gong selama 21 tahun. Praktisi Falun Gong di dalam dan luar negeri terus menggunakan cara damai dan rasional untuk memberitahu dunia kebenaran tentang penganiayaan, dan semakin banyak pejabat nasional mendukung Falun Gong dalam anti-penganiayaan.

Pada 10 Desember, Hari Hak Asasi Manusia Internasional, Pusat Informasi Falun Dafa di New York mengeluarkan pengumuman pers yang menyatakan bahwa 897 politisi lintas partai dari 35 negara dan wilayah telah bergabung dalam aksi bersama untuk mengutuk penganiayaan Komunis Tiongkok terhadap Falun Gong dan menyerukan kepada Komunis Tiongkok untuk segera menghentikan penganiayaan.

Setelah Presiden Amerika Serikat, Donald Trump menjabat, dia menjatuhkan sejumlah sanksi berat terhadap penindasan hak asasi manusia Komunis Tiongkok di Xinjiang dan Hong Kong.

Pada 7 Desember, pemerintahan Trump menjatuhkan sanksi kepada 14 wakil ketua Kongres Rakyat Nasional Partai Komunis Tiongkok. Sebelumnya, 14 pejabat senior Tiongkok dan Hong Kong, termasuk Kepala Eksekutif Hong Kong Carrie Lam, telah diberi sanksi.

Pemerintahan Trump dengan jelas mengumumkan bahwa mereka akan menyatukan sekutunya untuk membantu rakyat Tiongkok menggulingkan tirani Komunis Tiongkok. Dunia luar mengharapkan bahwa sanksi Amerika Serikat terhadap pejabat tinggi Komunis Tiongkok akan terus meningkat. (ET/hui/sun)

0 comments