Menguak Tabir Sejarah - 4 : Memori Tembok Merah - Film yang Menyentuh Hati Dunia


Video Channel:



Lebih dari 10.000 praktisi Falun Gong secara sukarela pergi ke Beijing untuk mengajukan petisi damai di Kantor Pengaduan Dewan Negara pada 25 April 1999. Hal ini menyebabkan kegemparan di dalam dan di luar Tiongkok, dan dikenal sebagai permohonan paling besar, damai dan rasional dalam sejarah Tiongkok.

Sejak Falun Gong pertama kali diperkenalkan kepada masyarakat pada 1992, prinsip-prinsip Sejati-Baik-Sabar dan efek luar biasa dalam menyembuhkan penyakit dengan cepat dikenal di seluruh Tiongkok, bermanfaat bagi banyak orang. Namun hal ini juga menarik perhatian dari oportunis politik individu diantara pejabat tinggi PKT.

Pada 1996, Harian Guangming menerbitkan artikel yang mengkritik buku-buku Falun Gong, Zhuan Falun dan Falun Gong, yang merupakan salah satu diantara sepuluh buku terlaris saat itu, dimana harian tersebut menganggapnya sebagai “Ilmu Pengetahuan Palsu.”

Pada 1997, sekretaris Komite Politik dan Kehakiman Pusat, Luo Gan memerintahkan Kementerian Keamanan Umum untuk mengadakan suatu penyelidikan secara nasional, sebagai usaha untuk menemukan “bukti” untuk melarang Falun Gong. Laporan-laporan dari departemen kepolisian seluruh negeri tidak menemukan masalah. Namun kakak ipar Luo, He Zuoxiu terus-menerus menerbitkan artikel-artikel tuduhan palsu dan memfitnah Falun Gong.

He Zuoxiu menerbitkan sebuh artikel yang berjudul “Saya menentang anak-anak muda berlatih Falun Gong” dalam Jurnal Institut Pendidikan Tianjin pada 11 April 1999. Artikel itu menggunakan dasar dan cara-cara yang tidak tahu malu untuk menyerang Falun Gong dengan cerita-cerita palsu, fitnahan dan tuduhan palsu, serta memfitnah Falun Gong dan pendirinya. Para praktisi di Tianjin pergi ke kantor editor jurnal untuk mengklarifikasi fakta. Para petugas Kantor Polisi Tianjin mengerahkan pasukan anti huru hara, memukul dan menangkap 45 praktisi. Para pejabat kepolisian dan Kotamadya Tianjin memberitahu praktisi, ”Kami tidak bertanggung jawab atas masalah ini. Pergi ke Beijing, Kementerian Keamanan Umum telah mengetahuinya.”

Mulai dari malam 24 sampai 25 April, para praktisi dari seluruh negeri yang mengetahui insiden ini pergi ke Kantor Pengaduan Dewan Negara di Beijing, secara damai melaporkan dan mengklarifikasi fakta kepada pemerintah dengan itikad baik.

Gerakan yang tidak terorganisir, pemandangan lebih dari 10.000 praktisi memohon adalah tenang, penuh kedamaian dan rasional. Petugas polisi tidak perlu mengatur ketertiban tetapi berdiri di samping sambil ngobrol.

Permohonan mereka cukup sederhana: bebaskan praktisi yang ditahan, dan biarkan Falun Gong bebas dilatih di Tiongkok.

Kemudian Perdana Menteri Zhu Rongji menerima tiga perwakilan dari Falun Gong. Mereka meminta pembebasan para praktisi yang ditangkap di Tianjin. Mereka juga meminta ijin untuk penerbitan buku Zhuan Falun secara terbuka.

Dengan berbagai negosiasi akhirnya pada jam 9 malam 45 praktisi yang ditangkap di Tianjin dibebaskan. Semua praktisi bubar dengan tenang. Selama proses tersebut, tidak ada seorang pun yang meneriakkan slogan atau membentangkan poster. Ketika mereka pergi, tidak ada satu pun sampah yang tertinggal di tanah.

Perdana Menteri Zhu Rongji menegaskan mengenai kebijakan bahwa pemerintah tidak akan campur tangan dalam segala bentuk latihan qigong. Namun, Jiang Zemin dan Luo Gan menyusun konspirasi dalam kegelapan. Melancarkan kampanye penindasan pada bulan Juli 1999.

0 comments