Erupsi Gunung Sinabung Menjulang Setinggi 5.000 Meter

Gunung Sinabung memuntahkan material vulkanik ke udara hingga ketinggian 5.000 meter saat meletus, di Karo, Sumatera Utara, Indonesia, pada 10 Agustus 2020. (SUGENG NURYONO / AP PHOTO)

THE ASSOCIATED PRESS

MEDAN, Sumatera Utara — Gunung Sinabung yang meletus pada Senin (10/8), menyemburkan material vulkanik setinggi 5.000 meter ke langit dan mengendapkan abu yang menumpuk hingga 5 cm di desa-desa yang sudah ditinggalkan di lereng gunung berapi, menurut Armen Putra, petugas Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung.

Tidak ada korban jiwa atau cedera akibat letusan tersebut, berdasarkan data Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Indonesia.

Penduduk desa disarankan untuk tinggal 5 km dari mulut kawah dan harus waspada terhadap bahaya lahar, kata PVMBG. Perjalanan udara sejauh ini tidak terpengaruh oleh abu, menurut laporan Kementerian Perhubungan.

Sinabung adalah satu di antara lebih dari 120 gunung berapi aktif di Indonesia, yang rentan terhadap pergolakan seismik karena lokasinya di “Cincin Api” Pasifik, busur gunung berapi, dan garis patahan yang mengelilingi Cekungan Pasifik. (et/osc/sun)

0 comments