Menlu AS, Mike Pompeo Akan Kunjungi Indonesia

 

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo

Jakarta - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam jumpa pers secara virtual, Kamis sore (22/10) mengumumkan rencana kunjungan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo ke Jakarta pekan depan (minggu ini).

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo direncanakan akan menggelar kunjungan resminya ke Indonesia. Kunjungan tersebut bersamaan dengan lawatan resminya ke New Delhi - India, Kolombo - Sri Lanka, Malรฉ - Maladewa, dan Jakarta - Indonesia yang berlangsung 25 – 30 Oktober 2020.

Menlu RI Retno Marsudi menuturkan persiapan kunjungan Pompeo ke Indonesia terus dilakukan. Ia juga sudah membahas agenda kunjungan tersebut bersama dengan Duta Besar AS untuk Indonesia Sung Yong Kim.

“Rencana kunjungan Menlu AS mike Pompeo yang akan dilakukan pada minggu depan (minggu ini), persiapan terus dibahas termasuk dalam pertemuan saya kemarin dengan Duta Besar AS yang baru Sung Yong Kim,” kata Retno.

Pompeo nantinya akan menggelar pertemuan bilateral dengan Menlu Retno. Kemudian selanjutnya, akan hadir dalam forum yang digelar oleh Pemuda Ansor mengenai Dialog Agama dan Peradaban.

“AS adalah salah satu mitra penting Indonesia, Indonesia akan terus membangun mitra kepentingan yang kokoh saling menguntungkan dan saling menghormati dengan Amerika Serikat,” tambahnya dalam Akun youtube resmi Kemenlu RI.

Menurut Retno, komitmen kuat pada kemitraan bilateral itu terlihat dari intensifnya saling kunjung pejabat Indonesia dan Amerika, bahkan di masa pandemi Covid-19. Dia mencontohkan kunjungan Wakil Menteri Pertahanan Amerika David Norquist baru-baru ini, antara lain juga bertemu dengan dirinya. Juga lawatan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto pekan lalu ke Amerika.

Delegasi US International Development Finance Corporation juga direncanakan melawat ke Indonesia minggu ini.

Retno mengatakan ia yakin pembicaraan dengan Mike Pompeo nantinya akan berjalan dengan baik dan dapat menguatkan hubungan bilateral dengan Amerika.

“Wakil Menteri Pertahanan AS telah berkunjung ke Indonesia, antara lain melakukan pertemuan dengan saya, dan Menteri Pertahanan Indonesia telah berkunjung ke AS, delegasi DFC (US International Development Finance Corporation) akan berkunjung ke Indonesia minggu ini, dan Secretary Pompeo akan

berkunjung ke Indonesia minggu depan, saya yakin pembicaraan Bilateral saya dengan Sekretari Pompeo akan berjalan dengan baik dan sekali lagi dapat memperkokoh hubungan bilateral kita dengan AS,” ujar Retno.

Melansir dari siaran pers Kemenlu AS, di New Delhi, Secretary Pompeo dan Menteri Pertahanan Mark T. Esper dan rekan-rekan India mereka akan memimpin Dialog Tingkat Menteri 2 + 2 Tahunan AS-India yang ketiga untuk memajukan Kemitraan Strategis Global Komprehensif AS-India dan memperluas kerja sama untuk mempromosikan stabilitas dan kemakmuran di Indo-Pasifik dan dunia.

Selanjutnya, Pompeo akan melakukan lawatan ke Kolombo untuk menggarisbawahi komitmen AS pada kemitraan dengan Sri Lanka yang kuat dan berdaulat dan untuk memajukan tujuan bersama untuk kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Setelah itu, Menteri Luar Negeri Pompeo akan melakukan perjalanan ke Malรฉ, Maladewa untuk menegaskan kembali hubungan bilateral yang erat dan memajukan kemitraan dalam berbagai masalah mulai dari keamanan maritim regional hingga perang melawan terorisme.
 
Secretary Pompeo kemudian melawat Jakarta untuk menyampaikan sambutan publik dan bertemu dengan mitranya dari Indonesia untuk menegaskan visi kedua negara tentang Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.(et/asr/sun)

0 comments