Hasil dari Berbagai Penelitian: Vaksin AstraZeneca Dikaitkan dengan Pembekuan Darah

Sebuah botol berisi vaksin virus PKT AstraZeneca di Berlin pada 16 Maret 2021. (Hannibal Hanschke / Reuters)

WANG LAN dari Toronto – Epochtimes.com

Ilmuwan Eropa telah menemukan hubungan antara vaksin AstraZeneca-Oxford COVID-19 dan pembekuan darah yang langka tetapi berdampak serius. Akan tetapi, pejabat kesehatan masyarakat Kanada belum menemukannya. Mereka memberikan informasi terbaru tentang petunjuk vaksinasi.

Menurut Canadian Broadcasting Corporation, para peneliti di Jerman dan Norwegia mengatakan bahwa mereka telah menemukan mekanisme yang menyebabkan vaksin AstraZeneca menghasilkan gumpalan darah dalam kasus yang langka. Mereka telah mengidentifikasi kemungkinan pengobatan.

Peneliti Norwegia melaporkan pada Jumat (19/3) bahwa mekanisme ini telah ditemukan. Laporan menyebutkan, dikarenakan “respon kekebalan yang kuat” setelah vaksinasi.

Peneliti Jerman mengkonfirmasi temuan ini dan menambahkan bahwa mereka menemukan metode pengobatan imunoglobulin intravena. Jika trombosis langka ini terjadi, metode pengobatan ini dapat diberikan kepada pasien rumah sakit, tetapi mereka mengatakan ini tidak memainkan peran pencegahan.

Temuan ini didasarkan pada kesimpulan bahwa European Medicines Agency -EMA- atau Badan Pengawas Obat Eropa, menyelidiki 25 kasus trombosis setelah sekitar 20 juta dosis vaksin AstraZeneca. Laporan menyimpulkan bahwa manfaat vaksin jauh lebih besar daripada kemungkinan risikonya. Meskipun risiko ini tidak dapat diabaikan untuk dikesampingkan.

Wanita di bawah 55 tahun Berisiko Tinggi Mengalami Trombosis

Menurut European Medicines Agency, vaksin AstraZeneca tidak meningkatkan risiko penggumpalan darah. Vaksin AstraZeneca secara efektif dapat mencegah COVID-19 yang mana dengan sendirinya dapat menyebabkan penggumpalan darah. Oleh karena itu, suntikan vaksin sebenarnya dapat mengurangi risiko secara keseluruhan.

Namun, gumpalan darah yang dihasilkan setelah vaksinasi tidak semuanya sama. Pada 18 kasus di Eropa, sangat jarang terjadi penyumbatan pembuluh darah otak yang dapat menyebabkan perdarahan fatal.

Sebagian besar peristiwa trombotik terjadi dalam waktu 14 hari setelah vaksin AstraZeneca, dan sebagian besar adalah wanita di bawah usia 55 tahun. Jenis pembekuan darah ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama sebelum dan sesudah kehamilan dan selama kontrasepsi. Tiga dari tujuh pasien yang mengalami gejala disebutkan di atas, setelah divaksinasi dengan AstraZeneca di Jerman telah meninggal dunia.

Jerman dan Italia melanjutkan vaksinasi terhadap AstraZeneca, tetapi Prancis memutuskan untuk memvaksinasi hanya orang yang berusia di atas 55 tahun setelah menemukan tiga kasus trombosis sinus vena serebral (CVST).

Denmark, Swedia dan Norwegia telah memutuskan untuk menghentikan vaksinasi, setidaknya sampai minggu depan. Mereka mengatakan membutuhkan lebih banyak waktu untuk menyelidiki.

Kanada: Perlu Menyelidiki Temuan Ini

Isaac Bogoch, anggota tim COVID Ontario dan ahli penyakit menular, mengatakan: “Efek merugikan dari vaksin tidak dapat ditutup-tutupi. Mereka selalu perlu diselidiki. Kami akan mempelajari lebih lanjut tentang ini. Saya pikir kami akan melakukannya.” lihat beberapa pedoman terbaru tentang siapa yang harus mendapatkan vaksin ini dan mungkin siapa yang tidak boleh. “

Departemen Kesehatan Kanada mengeluarkan pernyataan pada Kamis 18 Maret, bahwa manfaat vaksin AstraZeneca lebih besar daripada risikonya.

David Fisman, seorang ahli epidemiologi di Universitas Toronto, mengatakan bahwa data Jerman menunjukkan hubungan yang meyakinkan antara vaksin AstraZeneca dan pembekuan darah langka.

Dia mengatakan bahwa, dirinya tidak setuju dengan pedoman Kementerian Kesehatan Federal untuk penggunaan vaksin AstraZeneca. Dia percaya bahwa negara harus menangguhkan penggunaan vaksin sampai lebih banyak data tersedia, setidaknya tidak untuk wanita berusia 20 hingga 50 tahun.

David Juurlink, kepala farmakologi klinis di Xinning Hospital di Toronto, mengatakan bahwa kejadian langka ini menunjukkan adanya keuntungan dan kerugian dari vaksinasi.

Dia berkata: “Jika orang tidak mendapatkan vaksinasi karena mereka khawatir tentang beberapa efek samping yang jarang terjadi, mereka berada dalam bahaya kematian.”

Departemen kesehatan Kanada menyatakan telah menghubungi rekan-rekannya di Eropa, akan terus memantau perkembangan dengan cermat. Otoritas Kesehatan Kanada menyatakan akan memberikan panduan terbaru yang sesuai kepada para profesional kesehatan. (et/hui/sun)

0 comments