Pabrik Petrokimia Shanghai Meledak, Kobaran Api Membumbung Tinggi dan Belasan Orang Terluka

Pada pagi hari tanggal 29 Mei, ledakan besar terjadi di Pabrik Petrokimia Sinopec Shanghai di Distrik Jinshan, Shanghai. (Tangkapan layar video)

LI YUN

Kebakaran melanda sebuah pabrik Petrokimia di Tiongkok. Menurut rilis resmi Sinopec Shanghai Petrochemical Co., Ltd., pada (29/5/2021) pukul 08:26. Selama proses perombakan dan start-up di Departemen Olefin Petrokimia Shanghai, bahan baku pipa menyala. Insiden itu menyebabkan 14 orang mengalami luka bakar. Mereka yang terluka dilarikan ke rumah sakit untuk perawatan. Penyebab kecelakaan itu sedang diselidiki.

Laporan Xinmin Evening News mengatakan bahwa, beberapa warga menyampaikan bahwa mereka mendengar suara-suara keras dari area Petrokimia Jinshan. Mereka kemudian melihat asap membumbung tinggi.

Video yang beredar menunjukkan api berkobar di lokasi ledakan, menjulang tinggi puluhan meter. Amukan si jago merah mengepulkan asap hitam yang membumbung tinggi ke angkasa.

Baru-baru ini, sering terjadi kebakaran dan ledakan di berbagai bagian Tiongkok.

Pada (28/5) pukul 15.00 waktu setempat, kebakaran terjadi di Gedung Kota Zhonghua, Distrik Qiaoxi, Shijiazhuang, Hebei. Seluruh bangunan terbakar seperti dilahap api dengan asap hitam. Menurut laporan lokal, sebanyak 27 lantai habis terbakar.

Pada pagi hari (26/5), ledakan secara tiba-tiba terjadi di sebuah gedung perkantoran di Kota Dongning, Heilongjiang. Insiden tersebut menyebabkan setidaknya 8 orang tewas dan 4 orang luka-luka. Sejumlah warga menilai, jumlah korban sebenarnya bukan sekadar angka yang dilaporkan oleh pihak berwenang.

Pada (25/5), situs web Departemen Manajemen Darurat Provinsi Anhui melaporkan bahwa sekitar pukul 9 pagi hari itu, pipa limbah meledak di lokasi konstruksi proyek kota di Jalan Renmin Barat, Distrik Xiangshan, Kota Huaibei. Akibatnya, 4 pekerja tewas.

Pada (24/5), ledakan besar terjadi di pintu masuk Gedung Pemerintah Fuxin di Liaoning. Asap mengepul dari tempat kejadian. Sebagian bangunan hancur menjadi reruntuhan. Menurut laporan, ledakan tersebut mengakibatkan 8 orang tewas dan 4 orang terluka. (ET/hui/sun)

0 comments