Anggota Kongres AS: Hubungan AS-Tiongkok di Awal Perang Dingin Baru

Pada 21 September 2021, Rep. Mike Gallagher berbicara kepada wartawan setelah pertemuan Kaukus Partai Republik di DPR. (Anna Moneymaker/Getty Images)

EVA FU

Anggota U.S. House Representative atau Dewan Perwakilan AS, Mike Gallagher menyatakan Amerika Serikat berada dalam tahap awal Perang Dingin baru dengan Tiongkok. Jika Beijing ingin meningkatkan hubungan dengan Washington, maka harus mengubah arahnya.

Awal pekan ini, sebelum anggota Dewan Perwakilan AS, Mike Gallagher berkomentar, Sekjen PBB Antonio Guterres menyebut hubungan antara Amerika Serikat dan Tiongkok “benar-benar tidak berfungsi”. Ia mendesak kedua negara bekerja sama untuk mengatasi perubahan iklim dan dalam vaksinasi COVID-19.

“Jika Tiongkok berharap untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan Amerika Serikat, kami menyambutnya, tetapi itu tergantung pada tindakan mereka,” kata Gallagher.

“Mereka tidak dapat mengancam untuk menyerang Taiwan, dan mereka tidak dapat melakukan genosida,” kata Gallagher, merujuk pada 1 juta etnis minoritas Uighur yang ditahan oleh Komunis Tiongkok di Xinjiang.

“Mereka ingin berhenti memaksa orang-orang di seluruh dunia yang berani mempertanyakan pelanggaran hak asasi manusia mereka,” tambahnya.

Ilshat H. Kokbore, direktur Departemen Urusan Tiongkok dari Kongres Uighur Dunia, juga memiliki pandangan yang sama.

Ilshat H. Kokbore kepada The Epoch Times mengatakan bahwa kedua negara tidak menginginkan perang dingin, tetapi ini tidak berarti bahwa itu tidak akan terjadi.

Ia mengatakan konflik tersebut disebabkan oleh perbedaan nilai yang mendasar antara dua kekuatan: Amerika Serikat menekankan hak asasi manusia, sedangkan rezim Komunis Tiongkok berfokus pada kekuasaan. Komunis Tiongkok kini sedang menghadapi negara-negara di seluruh dunia atas masalah seperti sengketa kedaulatan di Laut Cina Selatan, Taiwan, Hong Kong, Xinjiang, dan ketidakjelasan Beijing terhadap asal usul COVID-19.

“Ini bukan keinginan pribadi. Perang Dingin sudah dimulai,” tambah Ilshat H. Kokbore. Jika Beijing terus mengikuti jalan yang sama, perang tidak akan terhindarkan.

Gedung Putih menolak gagasan Perang Dingin dan menggambarkan hubungan bilateral sebagai “bukan konflik, tetapi persaingan.”

Pada 21 September, Presiden Biden mengatakan di Majelis Umum PBB, “Kami tidak mencari perang dingin baru, atau dunia yang terbagi menjadi kelompok-kelompok yang kaku.” Meskipun dia tidak menyebutkan negara-negara tertentu, dia jelas menanggapi kekhawatiran dari Antonio Guterres, selaku Sekretaris Jenderal PBB.

Namun, dalam pidatonya di Majelis Umum PBB hari itu, pemimpin Partai Komunis Tiongkok Xi Jinping mengkritik Amerika Serikat dengan menggunakan istilah seperti “intervensi militer eksternal”, yang tampaknya merujuk pada operasi militer seperti penarikan pasukan AS dari Afghanistan.

Komentar Biden dan sengaja menghilangan kata “Tiongkok” dalam pidatonya membuat beberapa anggota parlemen Partai Republik frustasi. Mereka mengkritik Biden karena sikapnya yang lemah dan berusaha menyenangkan Beijing.

“Tidak ada yang ingin melihat Perang Dingin terjadi. Saya juga berharap kita tidak harus memperlakukan Tiongkok sebagai lawan, tetapi ini tidak realistis,” kata Senator Ron Johnson kepada The Epoch Times.

Sebelum pidato Biden di Majelis Umum PBB, Anggota Kongres, Steve Scalise menyatakan kekecewaannya bahwa “Presiden Biden tidak menunjukkan keinginan untuk melawan Tiongkok.”

Dia berkata: “Kami mendorong selama lebih dari setahun, berharap untuk melakukan dengar pendapat dasar tentang asal usul COVID-19.” Dia juga menunjukkan bahwa pemerintahan Trump telah memperkuat kebijakan Tiongkok tentang perdagangan dan pencurian kekayaan intelektual.

“Ini adalah masalah yang ada sebelum COVID, dan sekarang semakin parah,” katanya.

Beberapa tahun terakhir, sikap pejabat Komunis Tiongkok menjadi semakin keras. Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Zhao Lijian mencoba menuduh militer AS menyebabkan pandemi COVID-19.

Pada pertemuan di Alaska awal tahun ini, diplomat Tiongkok mengkritik rekan-rekan Amerika mereka termasuk Menteri Luar Negeri Antony Blinken. Mereka mengatakan bahwa Amerika Serikat harus “mengubah citranya dan berhenti memajukan demokrasinya sendiri di bagian lain dunia.”

Diplomat Komunis Tiongkok juga menuntut bahwa jika Amerika Serikat menginginkan kerja sama bilateral, ia harus menjauh dari “garis merah” otoritas Beijing.

Di Amerika Serikat, Gallagher mengamati bahwa “ideologi kebangkitan yang gila memengaruhi seluruh generasi orang Amerika, mereka menanamkan bahwa Amerika Serikat adalah neraka rasis yang jahat dan harus berhati-hati dan terus-menerus meminta maaf atas dosa-dosa masa lalunya.” Dia berkata, pejabat Komunis Tiongkok menggunakan ideologi ini untuk memajukan agenda rezim.

Gallagher juga berkata: “Pejabat Partai Komunis Tiongkok telah mengadopsi istilah ekstrem kiri ini. Dengan cara ini, ketika pejabat kami duduk di seberang mereka di Alaska, mereka dapat menegur pejabat kami dan berkata, ‘Anda tidak dapat mengkritik kami tentang Tiananmen. Square atau Xinjiang. Karena Amerika itu jahat, dan kamu sama buruknya dengan kami.'”

“Itu tidak dapat diterima, ini adalah negara terbesar dalam sejarah dunia. Kecuali kita mengakui fakta ini dan memahaminya, kita akan memainkan peran jangka panjang dalam perang dingin baru ini untuk mengejar ketinggalan,” ujarnya. (ET/hui/sun)

0 comments