Ribuan Kartu Vaksin Palsu Dicegat oleh Agen Federal AS, Kebanyakan Berasal dari Shenzhen, Tiongkok

Kartu catatan vaksin COVID-19 terlihat di lokasi vaksinasi di Miami Gardens, Florida, pada 14 April 2021. (Chandan Khanna/AFP via Getty Images)

ZHAO FENGHUA

Beberapa pekan terakhir, ada banyak penjual kartu vaksinasi palsu secara online di AS, harga melonjak hingga ratusan dolar per lembar. Pemerintah Federal AS berhasil mencegat kartu vaksinasi palsu ini.

Seorang juru bicara United States Customs and Border Protection (CBP) mengatakan bahwa ribuan kartu vaksin palsu dari Tiongkok berhasil dicegat, karena jumlahnya terlalu banyak sehingga tidak dapat dilacak. Juru bicara mengatakan bahwa hampir semua paket yang disita berasal dari Shenzhen, Tiongkok.
Pada awal Maret tahun ini, FBI memperingatkan bahwa pembelian, manufaktur atau penjualan kartu vaksinasi palsu adalah ilegal, dan setidaknya satu apoteker di Chicago yang menjual kartu vaksin palsu di eBay berhasil ditangkap.

Akan tetapi karena telegram jarang mengulas konten pengguna, menjadi saluran perdagangan utama kartu vaksinasi palsu. Para peneliti titik pemeriksaan keamanan Check Point telah menemukan bahwa sekitar 10.000 pengguna telegram menjual kartu vaksinasi palsu ini. (ET/hui/sun)

0 comments