Krisis Evergrande Melebar, Lebih dari 20 Orang dari 15 Pengembang di Hebei Ditangkap

Di Kota Shijiazhuang, ibu kota Provinsi Hebei, 15 pengembang real estate dan lebih dari 20 orang telah ditangkap sejak Agustus. Gambar menunjukkan sebuah bangunan yang sedang dibangun di Tiongkok. (Paula Bronstein/Getty Images)
NTD

Ketika krisis utang China Evergrande terus menyebar, kekacauan di industri real estate Tiongkok juga terungkap. Di Kota Shijiazhuang, ibu kota Provinsi Hebei, Tiongkok sebanyak 15 pengembang real estate dan lebih dari 20 orang ditangkap sejak Agustus lalu.

Menurut berita dari akun Weibo resmi Shijiazhuang, “Shijiazhuang Release” pada Rabu (29/9/2021), kota tersebut baru-baru ini menyelidiki dan menangani sejumlah dugaan kejahatan dalam proyek pengembangan real estat, termasuk: Proyek Runting Zhongyang Distrik Xinhua, Proyek Kota Daai Shiwang Distrik Chang’an , Proyek Tianlun Jincheng (Tahap III) di Distrik Qiaoxi, Proyek Teluk Tianyang Yulong di Distrik Yuhua, Proyek Kota Shengshi Tianxia di Distrik Luquan, dan Proyek Zhenshi Rongcheng di Kabupaten Pingshan.

Selama pembangunan proyek real estate tersebut, diduga tidak memperoleh izin perencanaan proyek termasuk izin mendirikan bangunan serta izin penjualan rumah. Bahkan, real estate yang dikembangkan, dibangun, dan dijual dengan melanggar peraturan. Lebih parah lagi diduga ilegal terkait operasi bisnis, penipuan kontrak, dan perwakilan hukum yang relevan. Apalagi, pengontrol sebenarnya dari proyek berada di bawah penahanan kriminal.

Sejak 18 Agustus, sebanyak 15 pengembang dan lebih dari 20 orang ditangkap di kota.

Kasus tersebut diumumkan oleh pihak berwenang setempat, ketika krisis ledakan Evergrande terus berkobar. Ini hanyalah dari sekian kecil catatan hitam dari seluruh sektor real estat Tiongkok.

Evergrande Group terungkap bulan lalu bahwa ia berutang total 1,966,5 triliun yuan atau lebih dari Rp 4.000 triliun kepada pemasok, kreditur, dan investor, dan menghadapi nasib kebangkrutan dan likuidasi.

Reuters baru-baru ini mengutip sumber yang mengungkapkan bahwa, Komunis Tiongkok tidak mungkin secara langsung campur tangan dalam memecahkan krisis Evergrande. Pemerintah hanya berharap bahwa melalui akuisisi perusahaan milik negara, setelah Evergrande jatuh ke dalam kebangkrutan, maka dapat menghindari atau setidaknya meringankan gejolak sosial yang mungkin timbul.

Guangyao Group Bangkrut, Tawarkan 1,6 Juta Yuan hadiah untuk Menemukan Bosnya

Secara kebetulan, mantan 100 perusahaan real estat teratas di Tiongkok, Grup Guangyao, baru-baru ini menyatakan kebangkrutan. Chairman Guo Yaoming, yang melarikan diri dari Hong Kong, ditawari hadiah 1,6 juta yuan oleh pengadilan untuk melacak keberadaannya.

Grup Guangyao mengumumkan berita kebangkrutan pada tanggal 26 September. Perusahaan itu menyatakan bahwa “rencana reorganisasi” tidak disetujui oleh rapat kreditur. Pengadilan Rakyat Menengah Kota Huizhou, Guangdong akhirnya memutuskan bahwa Grup Guangyao akan menghentikan proses reorganisasi dan menyatakan kebangkrutan, dan likuidasi akan menyusul.

Guangyao Group didirikan di Huizhou pada tahun 2002, dan memindahkan kantor pusatnya ke Shenzhen beberapa tahun kemudian. Dari tahun 2011 hingga tahun 2013, terus dinilai sebagai salah satu dari 100 perusahaan real estat teratas Tiongkok. Namun, pada tahun 2014, terungkap bahwa total utang mencapai puluhan miliar yuan. Kemudian pada tahun 2017, ia mengajukan kebangkrutan dan reorganisasi ke Pengadilan Rakyat Menengah Huizhou.

Menurut laporan dari Southern Metropolis Daily, setelah Guangyao Thunderstorm, Chairman Guangyao Group Guo Yaoming pergi ke Hong Kong, dan proyek konstruksi kota kecil Belanda dan Guangyao Feiligang yang dikembangkan oleh Guangyao Group juga belum selesai.

Perlu dicatat bahwa tahun lalu Pengadilan Kota Dongguan mengeluarkan perintah hadiah untuk menemukan Guo Yaoming dengan hadiah tertinggi mencapai 1,6 juta yuan. (ET/hui/sun)

0 comments