Setelah Kota Xi’an Ditutup Selama 5 Hari, Kasus Tetap Tinggi dan Warga di-tes COVID-19 Secara Massal

Gambar menunjukkan orang-orang di Xi'an mengantri untuk pengujian asam nukleat pada 21 Desember 2021. (STR/AFP via Getty Images)

QIAO En

Kota Xi’an, Provinsi Shaanxi, Tiongkok telah ditutup sejak Kamis (23/12/2021), tetapi kasus penularan masih tinggi. Pada (27/12) pihak berwenang sekali lagi meningkatkan langkah pengendalian pandemi.

Menurut data resmi dari Komisi Kesehatan Nasional Partai Komunis Tiongkok, sebanyak 200 kasus baru dikonfirmasi di daratan Tiongkok pada (26/12) di mana sebanyak 150 kasus didiagnosis di Xi’an.

Pada (26/12) jumlah infeksi yang dikonfirmasi di Xi’an dalam putaran epidemi ini telah mencapai 635 kasus, dan hampir 30.000 orang telah dikirim ke hotel untuk isolasi terpusat.

Sejak (27/12) Xi’an telah meningkatkan lebih lanjut tindakan pengendalian pandemi. Kota tersebut telah meluncurkan babak baru penghitungan dan skrining. Semua penduduk tidak diizinkan keluar dan berkumpul, kecuali untuk pengambilan sampel test COVID-19 sebagaimana diperlukan. Kendaraan masyarakat untuk mencari nafkah juga tidak boleh digunakan untuk pencegahan dan pengendalian epidemi.

Di 235 area tertutup yang dibatasi oleh kota, satu orang per rumah tangga hanya diizinkan keluar untuk membeli makanan setiap dua hari. Akan tetapi sekarang semua penduduk diharuskan keluar hanya jika hasil tesnya negatif. Mereka yang bepergian dengan melanggar peraturan atau menolak untuk menjalani test akan dihukum dengan penahanan atau denda.

Meskipun demikian, artikel resmi harus mengakui: kinerja pencegahan epidemi Xi’an “mengecewakan.” Keterlacakan virus di Xi’an masih kacau, dan aplikasi sistem kode kesehatan kolaps karena penggunaan skala besar, menyebabkan sejumlah besar penduduk menjadi bingung dan mengeluh. (ET/hui/sun)

0 comments