Tayangan Netflix ‘3 Body Problem’ Dilarang Partai Komunis Tiongkok Karena Adegan Revolusi Kebudayaan

"3 Body Problem" dari Netflix dibuka dengan sebuah adegan dari Revolusi Kebudayaan, sesuatu yang sebagian besar ditangani melalui dialog dalam adaptasi Tencent dari novel fiksi ilmiah pemenang Penghargaan Hugo oleh penulis Tiongkok Liu Cixin. (Netflix)


Video dan gambar dari adaptasi Netflix dari novel fiksi ilmiah Tiongkok telah dilarang di Tiongkok oleh Partai Komunis Tiongkok yang berkuasa

ALEX WU

Adaptasi novel fiksi ilmiah Tiongkok “The Three-Body Problem” dengan anggaran besar dari Netflix telah menjadi salah satu tayangan teratas secara global di platform tersebut sejak episode pertama ditayangkan pada 21 Maret.

Konten dari acara tersebut, termasuk gambar dan video, telah dilarang di Tiongkok oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang berkuasa karena penggambaran adegan realistis di mana orang-orang dipukuli sampai mati di depan umum selama Revolusi Kebudayaan.

Acara streaming, “3 Body Problem,” diadaptasi dari novel karya penulis Tiongkok, Liu Cixin. Musim pertama memiliki delapan episode. Ceritanya mencakup beberapa dekade, di Tiongkok, Eropa, dan Amerika Serikat, dengan fokus utama pada persiapan umat manusia untuk menghadapi invasi alien.

Pada 2015, “The Three-Body Problem” menjadi novel Asia pertama yang memenangkan Penghargaan Hugo untuk Novel Terbaik, yang merupakan penghargaan sastra tahunan untuk karya fiksi ilmiah atau fantasi.

Episode pertama dari adaptasi Netflix ini dibuka dengan adegan mengejutkan selama lima menit dari sebuah sesi perjuangan (juga dikenal sebagai unjuk rasa pengaduan, yang merupakan tontonan publik yang penuh dengan kekerasan) di Universitas Tsinghua pada awal Revolusi Kebudayaan pada 1966. Ye Wenjie, salah satu karakter utama yang sedang belajar di Tsinghua, menyaksikan ayahnya, fisikawan terkenal Ye Zhetai, dipermalukan dan dipukuli hingga tewas oleh sekelompok Pengawal Merah di atas panggung karena dia menolak untuk mengecam keyakinannya, seperti teori relativitas Einstein.

Beberapa penonton di Tiongkok, yang menonton acara ini melalui VPN karena Netflix secara resmi tidak tersedia di daratan Tiongkok, memuji adegan pembuka di media sosial.

Adegan dari episode pertama “3 Body Problem” di Netflix. (Ed Miller/Netflix)


Beberapa orang membandingkan versi Netflix dengan versi adaptasi TV daratan Tiongkok pada tahun 2023 yang menghapus adegan Revolusi Kebudayaan. Salah satu unggahan berbunyi, “The Three-Body Problem versi Netflix akhirnya melengkapi apa yang ditinggalkan oleh versi Tencent yang semua orang ingin lihat tetapi tidak sempat melihatnya.”

Unggahan lainnya berbunyi: “Setelah menonton adaptasi TV Tiongkok dari Three-Body Problem, saya merasa itu tidak masuk akal. Setelah menonton sepuluh detik pertama dari versi Netflix, jawabannya keluar. Semuanya jadi masuk akal sekarang.”

Menurut Radio Free Asia, Departemen Propaganda PKT dan Administrasi Dunia Maya Tiongkok memerintahkan semua situs web dan platform media sosial Tiongkok untuk memblokir konten yang terkait dengan adegan Revolusi Kebudayaan setelah trailernya dirilis pada Januari lalu.

Menghapus Revolusi Kebudayaan dari Sejarah

Revolusi Kebudayaan (1966-1976) adalah sebuah gerakan politik massa yang penuh kekerasan yang dilancarkan oleh pemimpin PKT saat itu, Mao Zedong, untuk mengkonsolidasikan kekuasaannya dan membasmi budaya tradisional Tiongkok serta cita-cita demokrasi dan kebebasan Barat.

PKT memobilisasi orang-orang untuk menghancurkan kuil, bangunan bersejarah, buku-buku, dan artefak, serta saling bertikai satu sama lain. Para pejabat, intelektual, profesional, dan orang-orang tak berdosa lainnya menjadi sasaran parade penghinaan di depan umum dan pemukulan. Sebanyak 2 juta orang tewas secara tidak wajar selama Revolusi Kebudayaan.

Terjemahan bahasa Inggris dari “The Three-Body Problem” menggambarkan kebrutalan periode tersebut di awal novel: “[Selama] 40 hari, di Beijing saja, lebih dari 1.700 korban dari sesi perjuangan dipukuli hingga tewas. Banyak orang lain yang memilih jalan yang lebih mudah untuk menghindari kegilaan tersebut.”

Beberapa pemirsa Tiongkok menunjukkan di media sosial bahwa realitas Revolusi Kebudayaan jauh lebih brutal daripada apa yang digambarkan oleh versi Netflix. Selama gerakan politik yang penuh kekerasan tersebut, banyak masyarakat Tiongkok yang melakukan bunuh diri sebagai cara untuk “mengakhiri penderitaan akibat penganiayaan.”

Pemirsa Tiongkok yang pro PKT yang menerobos firewall Tiongkok untuk menonton acara tersebut tidak menyetujui adegan Revolusi Kebudayaan dan memberikan nilai rendah di situs web kritikus film Tiongkok, Douban. Beberapa orang menuduh bahwa acara tersebut sengaja menggunakan momen tragis di masa lalu negara tersebut untuk meremehkan negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Pemimpin PKT saat ini, Xi Jinping, mengatakan pada 2013 bahwa “30 tahun ke depan tidak dapat meniadakan 30 tahun sebelumnya” dalam hal kebijakan PKT. Beberapa pengamat mengatakan bahwa Xi tampaknya meluncurkan “Revolusi Kebudayaan 2.0” melalui berbagai strategi yang semakin condong ke kiri dan kontrol yang semakin ketat.

Yue Shan, pengamat dan kolumnis The Epoch Times, menulis: “Revolusi Kebudayaan adalah kenangan yang menyakitkan bagi rakyat Tiongkok. Para pemimpin senior PKT saat ini yang tumbuh selama periode itu adalah korban dari gerakan tersebut. Namun, karena keinginan mereka untuk berkuasa, mereka tidak ingin orang-orang mengetahui kebenaran tentang Revolusi Kebudayaan dan menyangkal kebenarannya, sehingga ada bahaya bahwa Revolusi Kebudayaan akan kembali.”

Komentator urusan terkini yang berbasis di AS, Tang Hao, menulis di platform media sosial X, “Masalah 3 Body Problem menunjukkan momentum yang luar biasa sejak awal: Pertama, ini menunjukkan kekejaman, pertumpahan darah, dan penghancuran etika manusia dari Revolusi Kebudayaan PKT; kedua, ini menunjukkan bagaimana PKT menciptakan teror kolektif untuk mengendalikan rakyat; ketiga, ini mengungkapkan kebodohan ‘ateisme’ PKT dan kebencian terhadap para Dewa dan Buddha.”

Sutradara “3 Body Problem,” D.B. Weiss dan David Benioff, telah mengatakan bahwa mereka sedang mengerjakan alur cerita untuk musim kedua. (ET/asr/sun)


0 comments