Tim Ahli WHO Mengunjungi Wuhan Tetapi Tidak ke Area Kotor

Asisten Direktur Jenderal WHO Bruce Aylward yang hadir pada konfrensi pers 24 Februari 2020 mengatakan bahwa dirinya tidak pernah mengunjungi rumah sakit manapun di Wuhan dan area kotor Wuhan

#WHO #TimMedis #Wuhan #VirusCorona #CoronaVirus #PneumoniaWuhan

Tim ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang mengunjungi Tiongkok untuk memeriksa epidemi mendapatkan kritikan karena tidak mengunjungi langsung kota Wuhan, meskipun pada akhirnya mereka sampai juga di kota Wuhan.

Namun pada konferensi pers epidemi Pneumonia Wuhan pada 24 Februari lalu di Beijing, ahli medis ini keceplosan berbicara bahwa mereka tidak pernah ke area kotor (Dirty Areas). Kata-kata ini kembali mendapatkan kritikan pedas.

“Area kotor” artinya apa? Direktur Washington post cabang Beijing, Anna Fifield menulis di twitternya: “Menurut saya ‘kotor’ ditunjukkan sebagai bahasa teknis untuk rumah sakit yang terjangkit virus corona, namun saya tidak punya kesempatan bertanya langsung kepadanya, karena ia harus bergegas ke bandara.”

Asisten Direktur Jenderal WHO Bruce Aylward yang hadir pada konfrensi pers tersebut mengatakan: "Jelas terlihat epidemi ini sedang menurun dan sesuai dengan laporan terbaru dari PKT, jumlah kasus virus Wuhan telah menurun 80% dari dua minggu lalu." Mereka juga meminta semua negara untuk belajar dari pengalaman PKT dalam mengendalikan epidemi.

Salah seorang wartawan bertanya: Menurut aturan jika mengunjungi area epidemi maka diharuskan melakukan karantina selama 14 hari, tetapi anda bahkan tidak melakukan karantina dan sekarang anda hendak meninggalkan Tiongkok dengan naik pesawat. Bruce Aylward menjawab, bahwa dirinya tidak pernah mengunjungi rumah sakit manapun di Wuhan dan area kotor Wuhan, dan tadi pagi sudah melakukan tes virus Corona.

Pernyataan Bruce Aylward membuat para wartawan bingung, kemudian Bruce Aylward beralasan hendak bergegas ke bandara dan pergi meninggalkan konferensi tersebut.


Sumber: http://bit.ly/2vlVsOf

0 comments