“Jangan Biarkan Virus Mengendalikan Anda”, Kata Trump tentang COVID-19 pasca keluar dari Rumah Sakit

 

Presiden Donald Trump berdiri di balkon di luar Blue Room saat kembali ke Gedung Putih di Washington pada 5 Oktober 2020. (ALEX BRANDON / AP PHOTO)


Trump: "Anda akan mengalahkannya, kami memiliki peralatan medis terbaik, kami memiliki obat-obatan terbaik, semuanya dikembangkan baru-baru ini, dan Anda akan mengalahkannya."

MIMI NGUYEN LY

Presiden Donald Trump mengeluarkan pesan video yang memberi tahu orang Amerika: “Saya baru saja meninggalkan Pusat Medis Walter Reed dan ini benar-benar sesuatu yang sangat istimewa tentang para dokter, perawat, pemberi pertolongan pertama,” kata Trump. “Dan saya belajar banyak tentang virus PKT, dan satu hal yang pasti, jangan biarkan (virus) itu mengendalikan Anda, jangan takut.”

“Anda akan mengalahkannya, kami memiliki peralatan medis terbaik, kami memiliki obat-obatan terbaik, semuanya dikembangkan baru-baru ini, dan Anda akan mengalahkannya,” tambahnya.

Sang Presiden AS itu mengumumkan bahwa dia dan Ibu Negara Melania Trump dinyatakan positif COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus PKT (Partai Komunis Tiongkok), pada Jumat dini hari, 2 Oktober 2020. Kemudian di hari itu, presiden dipindahkan ke Rumah Sakit Walter Reed.

Trump mengatakan bahwa dia “merasa tidak enak badan” ketika pertama kali berangkat ke Walter Reed, tetapi dia bisa saja meninggalkan rumah sakit militer dua hari lalu karena dia “merasa lebih fit dibanding 20 tahun yang lalu” setelah menerima perawatan, termasuk obat antivirus intravena remdesivir selama lima hari. 

“Sebagai pemimpin Anda, saya harus melakukan itu. Saya tahu ada bahayanya, tapi saya harus melakukannya. Saya berdiri di depan, saya memimpin. Tak seorang pun yang menjadi pemimpin tidak akan melakukan apa yang saya lakukan. Dan saya tahu ada resiko, ada bahaya tapi tidak apa-apa. Dan sekarang saya lebih baik dan mungkin saya kebal, “ tambah Trump. 

Presiden AS Donald Trump keluar dari Walter Reed National Military Medical Center di Bethesda, Maryland pada Senin (5/10/2020). Donald Trump meninggalkan rumah sakit tempat dia dirawat karena Covid-19 dan langsung kembali ke Gedung Putih yang sedang menjadi kluster infeksi baru.

Direktur Komunikasi Trump 2020 Tim Murtaugh mengatakan bahwa Trump tetap akan melangsungkan debat calon presiden dengan pesaingnya dari Partai Demokrat, Joe Biden, pada 15 Oktober 2020. (et/osc/sun)

0 comments