Rapat Umum Trump di DC: 'Kami Tidak Pernah Menyerah, Kami Tidak Menerima Begitu Saja'

Screenshot live video pidato Presiden Trump pada Save America Rally di DC 6 Januari 2021.


JACK PHILLIPS

Presiden Donald Trump, berbicara kepada kerumunan pendukungnya di DC pada hari Rabu (06/01/2021), mengumumkan bahwa dia tidak akan menyerah.

“Kami tidak akan pernah kebobolan. Itu tidak akan terjadi… kami tidak akan menerimanya begitu saja. Anda tidak akan menyerah jika ada pencurian,” kata Trump.

Trump menambahkan: "Kami tidak tahan lagi... kami akan menghentikan pencurian."

Trump menambahkan bahwa beberapa Demokrat sayap kiri radikal dan "media berita hoax (palsu)" berusaha mencuri pemilu darinya: "Itulah yang telah mereka lakukan dan apa yang mereka lakukan."

Pernyataan itu muncul sekitar satu jam sebelum Sesi Bersama Kongres dijadwalkan untuk diadakan, di mana anggota parlemen dijadwalkan untuk menghitung suara elektoral. Lusinan anggota parlemen dan Senat GOP telah berjanji untuk menolak sertifikasi negara-negara bagian utama, yang kemungkinan akan menunda proses selama berjam-jam sebelum pemungutan suara mayoritas sederhana dilakukan.

Sementara itu, Wakil Presiden Mike Pence menghadapi tekanan untuk tidak membacakan suara Electoral College untuk Joe Biden di negara bagian utama.

Beberapa pakar hukum mengatakan bahwa mereka tidak percaya Pence — atau wakil presiden lainnya — memiliki banyak kekuasaan selama Sesi Bersama Kongres, menyebut perannya sebagai peran seremonial. Pence, dalam kapasitasnya sebagai wakil presiden, menjabat sebagai presiden Senat.

Tetapi Trump dan kampanyenya telah menegaskan bahwa Pence memang memiliki kekuatan/kekuasaan tertentu selama Sesi Bersama.

"Negara-negara ingin mengoreksi suara mereka, yang sekarang mereka tahu didasarkan pada penyimpangan dan penipuan, ditambah proses korupsi tidak pernah mendapat persetujuan legislatif," tulis Trump di Twitter.

“Yang harus dilakukan Mike Pence adalah mengirim mereka kembali ke Amerika, DAN KAMI MENANG. Lakukan Mike, ini adalah saatnya untuk keberanian yang ekstrim! ”

Dan posisi Pence, menurut pernyataan dari presiden, bahwa "wakil presiden memiliki kekuasaan untuk bertindak" selama Sidang Bersama. Pernyataan itu dalam konteks, pernyataan yang membantah laporan New York Times yang bersumber secara anonim yang mengklaim Pence mengatakan kepada Trump bahwa dia tidak memiliki kekuasaan.

"Laporan New York Times mengenai komentar yang seharusnya dibuat Wakil Presiden, Pence kepada saya hari ini adalah berita palsu... Wakil Presiden dan saya sama-sama sepakat," kata Trump Selasa malam.

Gugatan electoral college yang diharapkan diajukan terhadap suara elektoral telah menghadapi pukulan balik dari Demokrat dan Republik. Pemimpin Mayoritas Senat, Mitch McConnell dilaporkan telah memperingatkan senator Republik tentang langkah tersebut, sementara Senat No. 2 dari Partai Republik, John Thune dari South Dakota mengatakan upaya mereka untuk menantang hasil pemilihan negara bagian akan "turun seperti anjing ditembak."

Terlepas dari apa yang terjadi pada 6 Januari 2021, komentar Trump kepada pendukungnya tentang ‘tidak kebobolan’ berarti bahwa ia kemungkinan akan terus meningkatkan kesadaran tentang dugaan kecurangan pemilu selama pertempuran pada 3 November 2020 — dan pemilihan putaran Senat di Georgia — hingga 20 Januari 2021, yang merupakan Hari Pelantikan.

0 comments