Vaksin Buatan Tiongkok Kembali Dipertanyakan, Orang Tua Tidak Boleh Disuntik!

Staf medis mendemonstrasikan vaksin BioNtech COVID-19 Pfizer. (Joe Raedle / Getty Images)

LI YUN/ZHU XINRUI

Lebih dari setahun setelah virus Komunis Tiongkok mengamuk di seluruh dunia, vaksin dari berbagai negara telah beredar di pasaran. Batch pertama vaksinasi dialokasikan kepada kelompok berisiko tinggi termasuk orang tua dan yang lemah. Namun, di Tiongkok, CCTV Komunis Tiongkok mengeluarkan pemberitahuan vaksinasi pada 3 Januari 2021 bahwa orang lanjut usia di atas 60 tahun dikeluarkan dari populasi yang divaksinasi, yang menyebabkan pertanyaan publik.

Menjelang Tahun Baru tahun 2021, Komunis Tiongkok menyetujui daftar bersyarat dari vaksin bio-inaktif Sinopharm Tiongkok. Ini adalah vaksin virus Komunis Tiongkok atau covid 19 buatan dalam negeri pertama yang disetujui untuk dipasarkan oleh Komunis Tiongkok.

Vaksin domestik telah disetujui untuk pemasaran, tetapi orang lanjut usia dan pasien terkait yang perlu diberi prioritas dikeluarkan dari populasi yang divaksinasi.

Menurut instruksi vaksinasi virus Komunis Tiongkok yang dikeluarkan oleh CCTV News pada tanggal 3 Januari 2021 lalu, batas usia vaksinasi saat ini adalah usia 18 tahun hingga 59 tahun. Sedangkan kelompok usia lain perlu menunggu uji klinis lebih lanjut yakni wanita hamil, wanita menyusui, hipertensi yang tidak terkendali obat, diabetes, orang dengan gejala diabet tidak cocok untuk vaksinasi.

Selain itu, banyak media Tiongkok Daratan mengatakan bahwa orang yang berada pada tahap akut demam, infeksi dan penyakit lainnya, orang yang menderita defisiensi imun atau gangguan imun, dan penderita penyakit hati dan ginjal yang parah, tumor ganas, dan lain-lain tidak cocok untuk divaksinasi.

Dalam hal ini, media Prancis mempertanyakan bahwa hanya orang berusia 18 hingga 59 tahun yang pada umumnya dianggap sehat yang dapat divaksinasi dengan vaksin buatan Tiongkok. Bisakah populasi seperti itu setengahnya?

Pertanyaan yang muncul adalah bagaimana mencapai imunitas kelompok dan bagaimana melindungi kelompok berisiko tinggi? Kalau tidak, apa gunanya vaksin semacam itu?

Vaksin domestik Tiongkok belum menyelesaikan tahap ketiga percobaan, dan data lengkap belum dirilis, menyebabkan keraguan serius di komunitas internasional tentang keamanan dan efektivitas vaksin domestik Tiongkok.
Pada 30 Desember 2020, di komunitas lansia yang tinggal di Virginia, apoteker bersiap untuk menyuntikkan vaksin virus Komunis Tiongkok untuk penduduk. (BRENDAN SMIALOWSKI / AFP melalui Getty Images)


Keamanan vaksin domestik dipertanyakan

Menurut laporan Radio Free Asia, warga di Beijing, Shanghai dan tempat-tempat lain mengungkapkan bahwa mereka mengkhawatirkan kualitas vaksin dalam negeri dan karena itu menolak untuk melakukan vaksinasi.

Tn. Li dari Shanghai mengatakan bahwa vaksin dari Tiongkok daratan tidak disetujui, kualitasnya bermasalah, dan tidak ada kredibilitas, jadi dia tidak akan pergi untuk divaksin. Pertanyaan terpenting adalah vaksin ini, apakah manusia dijadikan kelinci percobaan?

Tn. Li menekankan bahwa Komunis Tiongkok ingin mendominasi dunia. Vaksinnya memiliki faktor politik. Vaksin tersebut harus diberikan kepada negara-negara berkembang di dunia ketiga. Komunis Tiongkok mengiklankan bahwa vaksin Tiongkok baik, tetapi kenyataannya, warga Shanghai meragukan kualitas vaksin Tiongkok.

Guo Liben, orang tua dari anak-anak yang menjadi korban susu bubuk tercemar Beijing, juga berkomentar.

“Karena masalah keamanan vaksin, termasuk banyak anak yang cacat dan meninggal setelah divaksinasi, keluarga dan teman-temannya mengatakan mereka menolak untuk mendapatkan vaksin,” katanya.

Menurut Guo Liben semua orang sangat khawatir dengan vaksin. Bahkan perusahaan milik negara, Pfizer dan BioNTech di Jerman tidak menjamin asuransi 100%. Terlebih lagi, vaksin domestik dan transportasi rantai dingin memiliki “risiko yang sangat tinggi.”
Komunis Tiongkok bergegas untuk memvaksinasi 50 juta orang Tiongkok dengan virus Komunis Tiongkok sebelum liburan Tahun Baru Imlek. Para ahli mengkhawatirkan konsekuensi serius. (Getty Images)

Lebih dari 90% staf medis menolak untuk menerima vaksin domestik

Menurut situasi yang dipelajari oleh grup media The Epoch Times, di Shanghai, tidak hanya warga negara biasa, tetapi bahkan staf medis juga kurang percaya pada vaksin Komunis Tiongkok.

Respon para medis mendesak dari vaksin virus Komunis Tiongkok, lebih dari 90% staf medis di rumah sakit menolak untuk divaksinasi.

Orang dalam mengungkapkan bahwa pejabat Shanghai baru-baru ini mengeluarkan pemberitahuan darurat untuk mendaftarkan informasi dari mereka yang bersedia di-vaksinasi untuk staf berisiko tinggi di rumah sakit kota.

Respon dari Rumah Sakit Pengobatan Tradisional Tiongkok Yangpu Shanghai, hanya 20 dari 304 karyawan di lebih dari 40 departemen di rumah sakit yang mau divaksinasi, sedangkan proporsi staf medis yang menolak divaksin setinggi 90,8%.

Respon beberapa perusahaan di Shanghai, hanya 3 dari 105 karyawan perusahaan pengembang real estat yang bersedia memvaksinasi. Sementara hanya 5 dari 140 karyawan di Shanghai Hema Xiansheng Daning Store yang bersedia memvaksinasi.

Sejauh ini, epidemi virus Komunis Tiongkok yang berasal dari Wuhan, Hubei, telah menyebar secara global selama lebih dari setahun, dan telah menyebabkan 83 juta orang terinfeksi dan lebih dari 1,8 juta kematian.

Pada akhir tahun 2020, vaksin global telah beredar di pasaran, dan prioritas diberikan kepada lansia dan pasien dengan angka kematian tertinggi.

Di Tiongkok, vaksin saat ini diberikan untuk populasi kunci seperti perawatan medis, transportasi, karantina, dan pergi ke luar negeri. Gelombang pertama diperkirakan berjumlah 50 juta orang. Injeksi pertama selesai pada 15 Januari dan injeksi kedua selesai pada 15 Februari.

Namun, karyawan ekspatriat Tiongkok yang telah di-vaksinasi dengan “vaksin tidak aktif” yang diproduksi di dalam negeri sering didiagnosis dalam kelompok. Misalnya, setidaknya 17 karyawan Tiongkok didiagnosis di Angola, dan sekitar 300 penduduk Tianjin didiagnosis di Serbia.

He Meixiang, ahli dari Institute of Biomedical Sciences of Academia Sinica di Taiwan, mengatakan bahwa proses pembuatan “vaksin yang tidak aktif” adalah untuk membesarkan virus dan kemudian membunuhnya. Oleh karena itu, Taiwan tidak akan mengembangkan dan menggunakan seluruh vaksin virus ini.

Lin Xiaoxu, yang memiliki latar belakang medis, mengatakan bahwa proses produksi “vaksin yang tidak aktif” pada dasarnya berisiko. Pertama-tama, apakah semua virus ini akan terbunuh?

Kedua, dalam proses mematikan virus, banyak unsur kimia yang harus ditambahkan, apakah berbahaya bagi tubuh manusia atau memiliki efek samping? Ini semua dipertanyakan. (et/hui/sun)

0 comments