Laporan Mengungkapkan Doktrin ‘3 Peperangan’ yang Mendasari Meluasnya Kampanye Komunis Tiongkok untuk Menyusup ke Luar Negeri

Tentara Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok (PLA) berkumpul selama pelatihan militer di Pegunungan Pamir di Kashgar, wilayah Xinjiang, Tiongkok barat laut, pada 4 Januari 2021. (STR/AFP via Getty Images)


Disebutkan ada pangkalan 311 di Kota Fuzhou, Provinsi Fujian sebagai markas besar Komunis Tiongkok untuk memimpin tiga doktrin peperangan yakni Psychological Warfare, Public opinion Warfare dan Legal warfare atau peperangan psikologis, peperangan opini publik, dan peperangan hukum.

YI RU

Institute for Strategic Studies of Military Schools (IRSEM) menerbitkan laporan setebal 646 halaman pada 20 September. Isinya mencantumkan strategi khusus Komunis Tiongkok untuk front persatuan dan mengerahkan pengaruhnya.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa militer Komunis Tiongkok bertanggung jawab untuk mempromosikan “tiga doktrin utama yakni Psychological warfare, Public opinion warfare dan Legal warfare.

Pertama adalah untuk membentuk dan memaksakan pernyataan yang menjadi kepentingan Komunis Tiongkok, yang disebut perang opini publik.

Kedua adalah untuk merusak kepercayaan antara pemerintah asing dan warganya. Tujuannya untuk mengganggu proses pengambilan keputusan negara lain, yang disebut perang psikologis.

Sedangkan yang Ketiga, menggunakan senjata hukum untuk menyerang negara atau individu yang bermusuhan, disebut perang hukum.

Komentator Li Linyi kepada NTD mengatakan, tiga hal ini digabungkan menjadi satu. Faktanya, adalah bentuk propaganda publik. Dampak dan kerugian yang ditimbulkannya dapat dilihat dari pernyataan Komunis Tiongkok sendiri. Pasalnya, mereka mengatakan mengulangi kebohongan seribu kali akan menjadi kebenaran. Ketika menyebarkan kebohongan ke seluruh dunia, maka akan memengaruhi orang-orang dan mempengaruhi opini publik.”

Menurut laporan tersebut, tindakan strategis Komunis Tiongkok ini semuanya diikuti bersama oleh partai, negara, militer, dan banyak perusahaan Tiongkok.

Laporan mengungkapkan bahwa ada “pangkalan 311” di Kota Fuzhou, Provinsi Fujian. Pangkalan ini sebagai markas “Tiga Peperangan” Komunis Tiongkok dan bertanggung jawab untuk memimpin perang opini publik, perang psikologis, dan perang hukum. “Pusat komando operasional” serupa lainnya juga sedang dibangun.

Lu Chen-Fung Associate Professor dari Department of International and Mainland China Affairs di National Quemoy University, Taiwan mengatakan ada banyak ekspatriat Tiongkok di Australia, Asia Tenggara, dan bahkan di Eropa. Melalui media dan Internet, memberitahukan kepada semua orang tentang adanya keberadaan unit ini untuk memanipulasi perang kognitif dan informasi palsu.”

Laporan tersebut juga mengungkapkan bahwa “Organisasi Tentara Lima Sen” Komunis Tiongkok memiliki personil paruh waktu dan penuh waktu.

Pekerjaan khusus para tentara ini terutama di Internet, memimpin trending dan membanjiri platform media sosial dengan informasi pro-Beijing, menciptakan “spontanitas populer”, Ilusi “dukungan atau kutukan seksual”.

Komentator Li Linyi mengatakan, “Orang-orang ini banyak berbohong atau menyebarkan desas-desus di Twitter, membuat saya berpikir bahwa ini adalah perilaku suatu negara dan menyebarkan desas-desus, jadi saat ini seperti Twitter, Facebook harus bertanggung jawab kepada Komunis Tiongkok secara pasti. “

Laporan tersebut menyatakan, metode Komunis Tiongkok untuk campur tangan dalam pengambilan keputusan negara lain berkisar dari diplomasi publik hingga kegiatan intervensi bawah tanah. Dalam 10 tahun terakhir, Komunis Tiongkok mencoba untuk ikut campur setidaknya terhadap 10 pemilu di 7 negara.

Taiwan, yang dekat dengan Fuzhou, juga jadi sasaran empuk.

Lu Chen-Fung berkata : “Mereka membiarkan Taiwan memiliki lebih banyak perbedaan dan tekanan pada pemerintah. Dalam beberapa tahun terakhir, front persatuan infiltrasi semacam ini telah dipelajari oleh banyak orang Eropa dan lembaga wadah pemikir .”

Laporan tersebut menunjukkan, berbagai operasi infiltrasi Komunis Tiongkok untuk memperluas pengaruhnya ke luar negeri melibatkan diaspora, media, diplomasi, ekonomi, politik, pendidikan, think tank dan bidang lainnya, dan dampak negatifnya sangat serius.

Li Linyi menuturkan, banyak orang benar-benar tidak memikirkannya. Ketika mereka melihat terlalu banyak, mereka hanya mempercayainya. Cara ini memanfaatkan kebebasan demokrasi di dunia bebas serta kebebasan berbicara. Anda dapat mengatakan apa pun yang anda inginkan. Ini membahayakan jika waktunya berlangsung lama, maka pasti akan memengaruhi politik dan ekonomi negara-negara ini.”

Menurut laporan itu, dalam hal perang hukum, Komunis Tiongkok mengandalkan interpretasi yang menyimpang dari hukum laut untuk mencoba memaksa negara-negara tetangga meninggalkan hak-hak hukum yang dijamin oleh Konvensi PBB.

Beberapa tahun terakhir, untuk menghindari tanggung jawab komunitas internasional untuk menyebarkan coronavirus dan masalah Hong Kong, Komunis Tiongkok secara aktif mengobarkan “perang hukum”, termasuk pelaksanaan “ekstrateritorialitas.”

Li Linyi menanggapinya dengan mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan kelangsungan hidupnya dan membiarkan seluruh dunia mengenalinya, menerapkan sistem yang buruk dikemas melalui kebohongan, mengekspor ideologi ke luar negeri serta membiarkannya berkembang pesat ke seluruh dunia.”

Laporan tersebut percaya bahwa meskipun tindakan strategis Komunis Tiongkok menjadi semakin agresif, musuh terbesar Komunis Tiongkok adalah dirinya sendiri. Pasalnya, saat ini citra internasional Komunis Tiongkok memburuk. Bahkan, dapat menimbulkan antipati masyarakat internasional terhadap Komunis Tiongkok sehingga semakin melemahkan pengaruh Komunis Tiongkok. (ET/hui/sun)


0 comments