Sejumlah Tempat di Tiongkok Dilanda Gelombang Panas Hingga Melebihi 40 Derajat, Hujan Lebat Serta Badai Turut Menerjang

Screenshot video

ZHAO FENGHUA dan JIANG DIA – NTD

Cuaca ekstrem terus berlanjut di seluruh daratan Tiongkok. Di Provinsi Henan dan tempat-tempat lain, dilanda badai hingga menyebabkan banjir di banyak tempat. Di Shangqiu, tornado langka terjadi. Dalam 10 hari ke depan, suhu tinggi dan gelombang panas akan terus melanda selatan Tiongkok, dengan suhu tertinggi di banyak tempat mencapai di atas 40 derajat Celcius.

Dalam beberapa hari terakhir, cuaca badai ekstrim telah terjadi di banyak tempat di Provinsi Henan. Pada 22 Juli, Distrik Suiyang, Shangqiu, Henan dilanda angin puting beliung. Terlihat atap gudang baja berwarna biru dan lembaran besi diterbangkan oleh angin puting beliung, beterbangan di udara, dan kendaraan roda tiga diterbangkan oleh angin kencang.

Warga sekitar berteriak: “(Atap) ambruk! Tiba-tiba ambruk!  …”


Setelah badai, pohon-pohon tumbang, tanaman hancur, dan paket-paket berserakan  dengan berantakan.

Pada 23 Juli, Provinsi Henan mengeluarkan 60 peringatan tentang hujan lebat, badai petir dan angin kencang. Hujan deras yang terus menerus menyebabkan akumulasi air yang serius di banyak tempat di Zhengzhou. Banyak kendaraan kebanjiran. Beberapa bagian jalan raya untuk sementara waktu dikendalikan dan 34 jalur bus dihentikan.

Pada 20 Juli tahun lalu, banjir besar terjadi di Zhengzhou, mengakibatkan korban serius. Beberapa hari  lalu, pihak berwenang Zhengzhou juga melarang orang-orang memperingati para korban banjir. Pada peringatan banjir 20 Juli, banjir lainnya kembali terjadi di Zhengzhou, menyebabkan kemarahan publik.

Beberapa netizen memarahi, “Tahun lalu, ada hujan lebat pada 20 Juli, dan Zhengzhou banjir di mana-mana. Setahun kemudian, masih banyak genangan air di jalan, dan beberapa bagian masih banjir, jadi apa yang Anda lakukan ini selama setahun ini?”

Selain banjir, suhu tinggi dan gelombang panas terus melanda selatan Tiongkok. Dalam 10 hari ke depan, kisaran suhu tinggi di wilayah selatan dan suhu tertinggi di Zhejiang, Fujian, Jiangxi, Anhui, Jiangsu, dan tempat-tempat lain dapat mencapai di atas 40 derajat Celcius.

Baru-baru ini, di Dongguan, Guangdong, suhu tinggi yang terus menerus menyebabkan jalanan mengembung.

Penduduk setempat berkata: “Betapa panasnya cuaca di Guangdong! Jalanan mengembung!”

Suhu tinggi yang berkelanjutan meningkatkan risiko serangan panas yang parah. Data penelitian menunjukkan bahwa pada 2017 saja, setidaknya 6.299 orang di Tiongkok tewas  karena penyakit terkait suhu tinggi yang tidak normal. (ET/hui/sun)

0 comments