Beijing Menggunakan Kamera Pemantau dan Data Besar untuk Menekan Kelompok Agama dan Pembela HAM

Kamera pengintai terlihat di sudut Lapangan Tiananmen di Beijing pada 6 September 2019. (Greg Baker/AFP via Getty Images)

SOPHIA LAM

Daerah pedesaan di pesisir timur Provinsi Shandong Tiongkok telah memasang ratusan ribu kamera pengintai sejak 2013 sebagai bagian dari sistem pemantauan besar-besaran, memulai model pemantauan yang kemudian dikenal sebagai “Proyek Mata Tajam”.

Target utama dari sistem ini adalah para pengikut Falun Gong dan pembela HAM, menurut dokumen resmi yang diperoleh oleh The Epoch Times bahasa Mandarin. Kota Linyi di Shandong mulai memasang kamera pengintai di beberapa desanya pada 2013, yang terhubung melalui televisi kabel ke platform pengawasan polisi dan pemerintah setempat.

Pada akhir 2017, jumlah kamera pengintai jaringan di Linyi adalah 360.000, pada dasarnya mencapai “cakupan keseluruhan” dari pengawasan video tempat-tempat umum di kota, menurut laporan IQilu, portal berita yang dikelola negara di Shandong pada 2017.

Sistem pemantauan ini menargetkan terutama daerah pedesaan Tiongkok, tumpang tindih dan bersinggungan dengan beberapa sistem pengawasan lainnya dan pusat data besar. Ini dibagi menjadi grid, atau area yang lebih kecil di dalam kota atau wilayah administrasi, yang dikelola oleh “anggota grid” yang memantau semua tetangga di dalam grid. Sistem pemantauan sebagian dapat diakses oleh penduduk di dalam jaringan melalui kotak TV yang dipasang di rumah dan aplikasi di ponsel cerdas mereka.

Warga dapat menonton rekaman video langsung dari kamera di grid mereka di TV atau smartphone dan dapat melaporkan kepada polisi apa pun yang mereka anggap salah dengan menekan tombol dengan remote control TV atau mengklik aplikasi di ponsel mereka. Rezim dengan demikian mengubah warga menjadi informan mereka.

Praktik ini pertama kali diluncurkan di Linyi pada 2015, dan kemudian di seluruh negeri, dan sangat dipuji sebagai “alat dan pembawa penting” untuk menjaga stabilitas sosial oleh komisi hukum dan politik pusat rezim.

RRT kini adalah negara yang paling diawasi di dunia. Ada sekitar 540 juta kamera CCTV yang dipasang di Tiongkok pada 2021, setara dengan 54 persen dari kamera dunia, menurut Comparitech, situs web keamanan dan informasi teknologi cyber yang berbasis di Inggris.

Kamera pemantau, dikombinasikan dengan pengenalan wajah dan teknologi pengenalan gaya berjalan ditambah data besar, digunakan sebagai alat oleh rezim untuk mengontrol dan menekan kelompok agama, pembangkang, dan pembela hak di negara tersebut.

Menargetkan Pengikut Falun Gong

Praktisi Falun Gong di Tiongkok membagikan pamflet atau menempelkan poster, atau “materi klarifikasi fakta” sebagaimana praktisi Falun Gong menyebutnya, di dinding atau tiang lampu untuk memberi tahu orang-orang tentang penganiayaan Falun Gong oleh rezim komunis Tiongkok. Pengikut Falun Gong adalah target utama dari sistem pengawasan rezim, menurut data resmi publik.

Falun Gong, juga dikenal sebagai Falun Dafa, adalah latihan meditasi aliaran Buddha yang terdiri dari lima latihan lembut dan ajaran berdasarkan kebenaran, kasih sayang, dan toleransi. Ini menjadi sangat populer di kalangan orang-orang Tiongkok karena manfaat fisik dan spiritual yang signifikan yang dialami oleh para praktisi. Menurut data resmi, ada 70 juta hingga 100 juta orang berlatih Falun Gong di Tiongkok sebelum penganiayaan dimulai pada Juli 1999.

Sebuah laporan baru-baru ini oleh Minghui.org mengatakan bahwa Zhang Lianmei, seorang praktisi Falun Gong dari Desa Guozhuang, Kota Shangye, Kabupaten Fei, Provinsi Shandong, terlihat membagikan pamflet informasi di pusat kota kabupaten oleh polisi kabupaten melalui kamera pengintai. Polisi setempat kemudian menculik Zhang dan suaminya Guo Qingtian serta menggeledah rumah mereka pada 5 Agustus.

Laporan sebelumnya oleh Minghui.org mengungkapkan bahwa Wei Qishan dan istrinya Yu Shurong diculik pada 2018 dan dipenjara pada 2019 karena diduga menempelkan poster di tiang lampu. Bukti yang ditunjukkan ke pengadilan adalah rekaman video dua orang yang mengenakan masker pelindung menempelkan poster.

Pasangan ini adalah pengikut Falun Gong dari Kota Qinhuangdao, Provinsi Hebei.

Wei tiba-tiba meninggal pada 23 November 2019, ketika dia ditahan di Pusat Penahanan Kota Qinhuangdao, menunggu sidang banding. Dia dibawa ke rumah sakit di Qinhuangdao tetapi tidak dapat tertolong. Seorang anggota keluarga melihat lengan kanannya tergantung tidak wajar dan “benar-benar hitam dan ungu”.

The Epoch Times edisi bahasa Mandarin baru-baru ini memperoleh akses ke file dari database rezim dan menemukan bahwa pengikut Falun Gong terdaftar di bawah special code dengan informasi pribadi terperinci dan tim kerja yang ditunjuk bertanggung jawab untuk memantaunya. File tersebut juga menyimpan foto-foto yang menunjukkan spanduk yang dipasang dan buletin yang dibagikan oleh praktisi Falun Gong yang kemudian dihapus oleh polisi setempat atau pemantau jaringan lainnya.

Pemantau jaringan pergi ke rumah praktisi Falun Gong untuk mengambil foto mereka dan menggunakan anak-anak mereka untuk memaksa mereka melepaskan keyakinan mereka.

Satu tangkapan layar oleh The Epoch Times edisi bahasa Mandarin menunjukkan foto seorang wanita lanjut usia pengikut Falun Gong yang ditandai sebagai “personel kunci” dalam formulir dari database. Anggota grid yang pergi ke rumahnya menulis bahwa mereka mengobrol dengannya tentang “masa depan anak-anaknya” serta kesejahteraannya. Latar belakang menunjukkan wanita tua itu berasal dari daerah pedesaan yang miskin.

Rezim komunis juga menggunakan data besar untuk mengontrol dan menekan praktisi Falun Gong.

Seorang pengikut Falun Gong dari Changchun, Provinsi Jilin di timur laut Tiongkok, menggunakan nama samaran untuk keselamatan, mengatakan kepada The Epoch Times bahasa Mandarin baru- baru ini bahwa ia berada di daftar hitam dalam sistem manajemen jaringan. Dia bekerja di Shenzhen selama beberapa tahun, dan pada beberapa kesempatan ketika dia kembali ke Changchun dengan kereta api, polisi di stasiun kereta api memeriksa kartu identitasnya dan menggeledah barang bawaannya.

“Praktisi Falun Gong terdaftar dalam catatan oleh pemerintah di semua tingkatan—dari komunitas lingkungan hingga pemerintah pusat—dan oleh biro keamanan publik di semua tingkatan,” katanya kepada publikasi tersebut.

Menargetkan Orang Kristen

Orang Tionghoa tidak lagi diperbolehkan menggantungkan bait-bait religius di pintu rumah mereka.

Sebuah file foto tidak bertanggal yang dikirimkan oleh seorang anggota grid pada 2017 menunjukkan bait yang dipasang di pintu tempat tinggal, bertuliskan “Percaya kepada Tuhan memberi Anda banyak kebahagiaan dan sukacita” dan “Mengandalkan Tuhan Anda aman dan beruntung.” Kuplet telah dihapus, seperti yang ditunjukkan di sebelah kanan foto.

Menargetkan Pembela HAM

Daftar veteran militer disertakan dalam file yang diperoleh The Epoch Times edisi bahasa Mandarin. Para veteran ini ditandai sebagai “personel yang tidak stabil”. Daftar tersebut menunjukkan nomor ID, informasi kontak, dan alamat keluarga dari puluhan veteran tersebut. Informasi lain termasuk apa yang diminta oleh para veteran dan siapa yang bertanggung jawab untuk mengendalikan mereka masing- masing.

Mayoritas veteran ini adalah peserta dalam penumpasan kekerasan protes mahasiswa damai di Lapangan Tiananmen pada 1989 dan veteran perang rezim dengan Vietnam pada 1979, menurut informasi dalam daftar.

Investasi Besar dalam Pengawasan

Partai Komunis Tiongkok (PKT) telah menghabiskan banyak uang untuk membangun dan meningkatkan sistem pengawasannya. Selain Proyek Mata Tajam, rezim memiliki beberapa sistem pengawasan dan kontrol digital yang tumpang tindih dan bersinggungan satu sama lain, termasuk Proyek Perisai Emas (juga dikenal sebagai Great Firewall), Kota Cerdas, Kota Aman, Skynet, Cloud Polisi, yuan digital, dan kode kesehatan. Mereka dirancang untuk mengumpulkan data pribadi dan memantau serta mengontrol orang-orang di Tiongkok. Menurut laporan 2020 oleh China File, sebuah majalah online yang diterbitkan oleh Pusat Hubungan AS-Tiongkok di Asia Society, pemerintah pusat rezim menginvestasikan 3,1 miliar renminbi (sekitar $456,7 juta) dalam proyek Mata Tajam antara peluncurannya pada 2015 dan akhir 2017.

Menurut China File, Pemerintah daerah menambah investasi di bidang ini, misalnya, Zhoukou, Provinsi Henan, menghabiskan $56 juta untuk pembelian pengawasan pada 2018, hampir menyamai anggaran pendidikan lokal tahun itu. (ET/yud/sun)

0 comments