Aksi Protes Berskala Besar di Wuhan Menimbulkan Ancaman yang Belum Pernah Terjadi Sebelumnya bagi PKT

Orang-orang berjalan di sebuah jalan di samping pasar lokal di Wuhan, di Provinsi Hubei, Tiongkok, pada 23 Januari 2023. (Hector Retamal / AFP via Getty Images)


ZHANG TIANLIANG

Partai Komunis Tiongkok (PKT) kini telah memasuki periode ketidakstabilan.

Pada 15 Februari, sekitar 20.000 warga lanjut usia berkumpul di luar Taman Zhongshan di Wuhan untuk memprotes “reformasi perawatan kesehatan” PKT. Ini adalah pertemuan massal kedua para manula di kota tersebut. Protes pertama terjadi pada 8 Februari. Seorang pria lanjut usia dipukuli hingga tersungkur ketika pihak berwenang tiba untuk memblokir jalan. Para pengunjuk rasa meneriakkan, “Ganyang pemerintah yang menindas.”

Selain itu, protes besar-besaran lainnya yang menentang “reformasi layanan kesehatan” juga meletus di kota Dalian, Provinsi Liaoning.

Tampaknya rakyat semakin berani melawan kediktatoran Tiongkok. “Gerakan kertas putih” tahun lalu memaksa pemimpin PKT Xi Jinping untuk meninggalkan kebijakan Nol COVID-19. Dari Hari Tahun Baru hingga Tahun Baru Imlek (22 Januari hingga 1 Februari), orang-orang di seluruh negeri benar-benar mengabaikan larangan kembang api yang dibuat PKT, dan polisi PKT tidak bisa berbuat apa-apa.

Satu detail yang diabaikan oleh banyak orang adalah bahwa protes 15 Februari diputuskan pada 8 Februari dan diumumkan secara terbuka secara online. PKT memiliki waktu seminggu penuh untuk mempersiapkan dan menekan protes tersebut, tetapi jumlah pengunjuk rasa masih dua kali lipat dari yang terjadi pada 8 Februari.

Pada awal tahun 1998, mantan pemimpin PKT Jiang Zemin membuat kebijakan untuk “menumpas semua ketidakstabilan sejak awal.” Kebijakan ini telah diberlakukan selama lebih dari 20 tahun. Tapi mengapa kali ini gagal?

Mari saya mulai dengan pengantar singkat tentang “reformasi perawatan kesehatan,” dan kemudian menjelaskan mengapa hal ini menempatkan PKT dalam dilema.

Unjuk rasa dimulai ketika para pensiunan menyadari bahwa setoran bulanan di akun Medicare mereka telah disunat sekitar dua pertiga. Penjelasan dari Beijing adalah bahwa uang tersebut dialihkan ke dalam sebuah rekening bersama, yang berarti bahwa mereka yang membutuhkan dapat mengganti sebagian dari biaya pengobatan mereka dari rekening bersama ini, sehingga pemerintah mengelola uang tersebut untuk mereka. Meskipun kedengarannya seperti ide yang bagus, pada kenyataannya, masyarakat Tiongkok memiliki ketidakpercayaan yang besar terhadap rezim ini.

Menurut Voice of America, meskipun PDB Tiongkok adalah yang terbesar kedua di dunia, pengeluaran untuk jaminan sosial hanya sekitar 3% dari PDB, merupakan yang terendah di dunia. Kaum elit, termasuk pejabat senior di tingkat provinsi dan di atasnya, dilaporkan bertanggung jawab atas sekitar 80 persen pengeluaran perawatan kesehatan, tanpa memberikan kontribusi apa pun. Hal ini mengakibatkan ketimpangan serius dalam sumber daya perawatan kesehatan antara pemerintah dan rakyat, terutama penduduk pedesaan, yang hampir tidak menerima manfaat dari sistem perawatan kesehatan ini.

Dengan demikian, asuransi kesehatan di Tiongkok bukanlah tentang “merampok orang kaya untuk membantu orang miskin”, tetapi “merampok orang miskin untuk membantu orang kaya”. Masyarakat percaya bahwa begitu uang mereka masuk ke dalam pool, kemungkinan besar akan disalahgunakan oleh kader-kader top PKT, jadi lebih baik menyimpannya di rekening mereka sendiri dan dapat digunakan sendiri.

Mengapa PKT melakukan “reformasi perawatan kesehatan” saat ini?

Ada kemungkinan bahwa pemerintah daerah kehabisan uang. Menurut laporan Reuters pada 15 Februari, provinsi-provinsi di Tiongkok menghabiskan setidaknya 352 miliar yuan (sekitar 51 miliar dolar AS) pada tahun 2022 untuk menangani gelombang infeksi COVID-19 baru-baru ini, sehingga meningkatkan tekanan pada keuangan provinsi di tengah perlambatan ekonomi.

Keuangan daerah Tiongkok sekarang penuh dengan lubang. Kebijakan nol-COVID, termasuk lockdown, telah menguras tabungan pemerintah daerah. Kemerosotan ekonomi telah menyebabkan pasar real estat Tiongkok lesu, dan sektor properti adalah sumber pendapatan daerah yang paling penting. Utang daerah di semua tingkat terakumulasi hingga 65 triliun yuan (sekitar $9 triliun) – jauh di luar kemampuan pemerintah daerah untuk membayarnya.

Semua tekanan keuangan yang berat ini memaksa para pejabat pemerintah daerah untuk melakukan pemotongan gaji mulai dari 20 persen hingga 40 persen. Pada saat yang sama, pemerintah daerah diharuskan untuk berbagi sekitar setengah dari biaya jaminan kesehatan dengan pemerintah pusat. Oleh karena itu, pemerintah daerah tak punya pilihan lain selain memangkas belanja layanan kesehatan.

Cukup mengejutkan bahwa aksi protes pada 15 Februari, yang diumumkan seminggu sebelumnya, tidak ditumpas oleh pihak berwenang setempat. Hal ini juga berkaitan dengan menipisnya keuangan lokal. “Pasukan penjaga stabilitas” PKT (polisi, intelijen, pemantau opini publik, organisasi akar rumput di semua tingkatan, dan lain-lain) menghabiskan lebih banyak uang dalam setahun daripada militer, dan 90 persen dari pengeluaran ini ditanggung oleh kas daerah. Ketika tidak ada uang di kas daerah, kekuatan pemeliharaan stabilitas juga melemah. Selain itu, orang tua dari para petugas polisi ini juga menjadi korban dari “reformasi perawatan kesehatan” ini.

PKT berharap untuk menukar pembangunan ekonomi dengan dukungan rakyat. Namun seiring dengan memburuknya situasi ekonomi makro, PKT dengan cepat kehilangan dukungan rakyat. Aksi protes seperti yang terjadi di Wuhan akan semakin sering terjadi di masa depan.

Aksi protes di Wuhan merupakan ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya bagi PKT dan menempatkannya dalam sebuah dilema. Biaya penindasan terlalu tinggi, karena “reformasi layanan kesehatan” mempengaruhi kehidupan 2 juta pensiunan di Wuhan. Kebijakan yang akan diterapkan secara nasional ini akan berdampak terhadap ratusan juta orang lanjut usia. Bagi PKT, menekan ratusan juta orang dengan 1 juta petugas polisi adalah hal yang tidak masuk akal.

Di sisi lain, kompromi yang dilakukan oleh PKT di Wuhan juga akan menciptakan dua masalah serius. Pertama, PKT tidak memiliki uang; kedua, jika PKT berkompromi, hal itu akan mengirimkan sinyal kepada rakyat bahwa aksi protes mereka efektif. Oleh karena itu, ketika rakyat merasa bahwa hak-hak mereka yang lain dikompromikan, mereka akan keluar untuk melakukan protes lagi. Jika tren ini terus berlanjut, dan opini publik selalu menang, Tiongkok akan menjadi masyarakat yang demokratis. Orang-orang pasti akan meminta kebebasan politik, dan kediktatoran PKT akan berakhir.

Sulit untuk memprediksi bagaimana hasil dari protes di Wuhan, namun kita harus ingat bahwa tema protes bukanlah hal yang terpenting. Yang penting adalah aksi protes itu sendiri karena ini adalah proses untuk secara bertahap menghilangkan rasa takut terhadap PKT dari hati rakyat. Dan, rasa takut adalah pilar terpenting untuk mempertahankan kekuasaan PKT. Ketika pilar ini runtuh, rezim PKT berada dalam bahaya besar. (ET)

Zhang Tianliang adalah seorang profesor di Fei Tian College dan pustakawan untuk opera Shen Yun Performing Arts. Dia adalah seorang penulis, sejarawan, produser film, penulis skenario, dan pemikir yang produktif. Dia menulis beberapa buku tentang komunisme yang telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 20 bahasa. Dia adalah pendiri NPO Tianliang Alliance. Ikuti dia di saluran YouTube @TianLiangTimes


0 comments