Puncak Infeksi Kedua akan Tiba? 2 Sekolah Dasar dan Menengah di Hangzhou, Tiongkok Ditutup karena COVID-19

Pada 16 Desember 2022, orang-orang berbaris di luar Rumah Sakit Rakyat Hangzhou untuk membeli alat tes antigen. (STR/AFP via Getty Images)


LUO TINGTING/FAN MING

Beberapa hari lalu, dua sekolah dasar dan menengah di Hangzhou kembali terjangkit COVID, dengan banyak orang yang terinfeksi dan beberapa kelas diliburkan, dan orang-orang khawatir apakah puncak kedua wabah akan tiba di Tiongkok.

2 Sekolah Dasar dan Menengah di Hangzhou Meliburkan Kelas Setelah Kasus COVID

Pada 19 Februari malam hari, sebuah pemberitahuan kepada orang tua siswa kelas 2 sekolah dasar di Distrik Xihu, Hangzhou, diedarkan di antara kelompok-kelompok orang tua siswa. Pemberitahuan tersebut menyatakan bahwa pada sore hari, 10 siswa di kelas tersebut mengalami demam, sakit tenggorokan, gejala COVID dan semuanya dinyatakan positif. Untuk mencegah penyebaran wabah, kelas diliburkan selama empat hari dari 20 hingga 23 Februari, dan siswa yang tidak merasa sakit dan dinyatakan negatif kembali ke sekolah pada 24 Februari.

Pada hari yang sama, sebuah sekolah menengah di distrik Gongshu, Hangzhou, terdapat beberapa siswa yang memiliki gejala penyakit ini, yang sebagian besar belum pernah terinfeksi sebelumnya, dan berita ini menyebar di antara grup-grup orang tua murid.

Kasus COVID di sekolah dasar dan menengah membuat banyak orang tua khawatir: “Apakah akan ada gelombang baru infeksi virus Corona?

Pada 20 Februari, hastag pelajar di dua sekolah dasar dan menengah di Hangzhou dinyatakan positif COVID memuncaki daftar pencarian populer di Weibo, yang memicu kekhawatiran. Artikel yang diposting di Weibo tersebut memicu kekhawatiran. Netizen, “-menyamarkan rasa rendah diri‖, mengatakan, “Tidak nyaman menjadi positif, saya sudah batuk selama dua bulan dan saya takut terinfeksi lagi. Saya selalu merasa bahwa pernapasan tidak semulus dulu. Saya tidak tahu kapan bisa normal kembali.”

Akun dengan nama “Kucing yang tidak makan gula” menulis: “Konsekuensi dari seorang anak setelah positif juga sangat serius. Lindungi anak-anak dan jangan diabaikan.”

Akun “Hari ini adalah awal yang baru 827″ menuliskan pesan: “Saya masih batuk-batuk sejak tes positif pertama saya.”

Li Ye Wuwei menulis juga meninggal pesan:”Virus ini belum hilang, jadi kita tidak bisa menganggap enteng.”

Beberapa netizen mengatakan bahwa tidak hanya Hangzhou, tetapi juga sekolah dasar dan menengah di kota lain telah berulang kali ditemukan kasus COVID. Akun “wulibabyhhh” menulis: “Di daerah kecil kami di Jiangsu, beberapa sekolah dinyatakan positif, dan seluruh kelas diliburkan.”

Pakar: Fokus Pada Pemantauan Galur Mutan Baru dan Tingkat Infeksi

Profesor Zeng Guang, mantan kepala ilmuwan epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok memperkirakan pada pertengahan Januari bahwa puncak kejadian penyakit di Tiongkok akan berlanjut selama dua hingga tiga bulan.

Zeng Guang mengatakan kepada media partai People’s Daily Health Client pada 19 Februari bahwa virus COVID-19 belum sepenuhnya hilang, tetapi baru memasuki “tahap penularan tingkat rendah” dan pengawasan masih perlu diperkuat dan orang-orang harus terus melakukan tindakan pencegahan.

Menurut informasi yang dikeluarkan oleh oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tiongkok pada 18 Februari, lebih dari 5.000 kasus infeksi baru masih dilaporkan setiap hari di seluruh negeri. Pada 16 Februari, terdapat 124.000 kunjungan rawat jalan ke klinik demam di seluruh negeri, dengan 20.000 pasien yang terinfeksi dirawat di rumah sakit, di mana 56 di antaranya mengalami sakit parah. Karena Partai Komunis Tiongkok menutup-nutupi penyakit ini, ada keraguan bahwa angka resmi mengenai jumlah infeksi mungkin benar-benar dikurangi.

Selain itu, berita tersebut juga menyatakan bahwa dari 1 Desember 2022 hingga 16 Februari 2023, 15 kasus galur asli yang menjadi perhatian utama telah diidentifikasi di Tiongkok, termasuk satu XBB.1, satu XBB.1.5, satu BQ.1, lima BQ.1.1, satu BQ.1.1.17, empat BQ.1.2, dan dua BQ.1.8.

Zeng Guang memperingatkan bahwa “Kemunculan dan prevalensi strain baru yang bermutasi, apakah ada peningkatan tingkat infeksi dan pulih kembali, dan apakah strain baru telah diimpor dari luar negeri tetap menjadi fokus pengawasan kami.”

Partai Komunis Tiongkok Mengklaim ‘Kemenangan dalam Perang Melawan Wabah’, yang Memicu Rentetan Kritik

Setelah Tahun Baru, para pejabat mengklaim bahwa epidemi telah berakhir. Pada pertemuan Komite Tetap Politbiro Partai Komunis pada 16 Februari, pemimpin Partai Komunis Xi Jinping mengatakan bahwa Partai Komunis berhasil meraih “kemenangan yang menentukan dalam memerangi epidemi” selama tiga tahun terakhir, dengan mempertahankan angka kematian “pada tingkat terendah di dunia”, yang memicu rentetan kritik.

Zhang Hai, seorang korban wabah Wuhan, mengatakan kepada Epoch Times pada 16 Juni, “Saya sangat marah dengan upacara pengakuan semacam ini. Ini adalah serangan terang-terangan terhadap masyarakat umum. Ini juga menunjukkan pengabaian terhadap kehidupan orang-orang biasa. Ini bukan keajaiban, tapi kejahatan.

Menurut komentator masalah terkini, Tang Jingyuan, apa yang diklaim sebagai “tingkat kematian terendah di dunia” adalah kebohongan besar lainnya dari Partai Komunis Tiongkok. Ini hanyalah cara Partai Komunis Tiongkok untuk mengelak dari tanggung jawabnya atas hilangnya nyawa dan kehancuran ekonomi yang disebabkan oleh penutupan kota.”

Pada awal Desember tahun lalu, Tiongkok dilanda tsunami epidemi setelah Partai Komunis Tiongkok tidak siap untuk melepaskan kendali epidemi, dengan jumlah orang yang terinfeksi dan kematian yang melonjak, rumah sakit membludak, rumah duka diwarnai dengan orang-orang berbaris dalam antrean panjang, serta mayat-mayat yang menumpuk.

Perawat Beijing: Banyak yang Meninggal Dunia Akibat Gejala Sisa di Rumah Sakit

Terlepas dari klaim pihak berwenang bahwa gelombang pertama epidemi telah berlalu, beberapa informan telah mengungkapkan bahwa sejumlah besar pasien yang terinfeksi masih menderita akibat dampak gejala COVID di rumah sakit, dan banyak yang meninggal dunia karena kekurangan obat.

Pada 17 Februari, Liu, seorang perawat di sebuah rumah sakit di Beijing, mengatakan kepada New Tang Dynasty, “Masih banyak orang di rumah sakit yang terinfeksi, dan mereka semua berada di rumah sakit dengan penyakit yang mendasarinya. Dia telah berada di rumah sakit untuk waktu yang lama, terhubung dengan oksigen dan diberi obat anti-inflamasi. Ini adalah situasi yang sangat umum di rumah sakit.

Ms Liu mengatakan bahwa dia memiliki saudara ipar di Shenzhen yang menderita paru-paru putih setelah positif COVID, dia diopname di rumah sakit selama 4 bulan dan meninggal dunia setelah pulang ke rumah. “Sekarang setelah negatif, ada banyak gejala sisa, dan rumah sakit tidak memiliki obat untuk mengobati penyakit ini, dan belum ada penelitian kasus seperti ini.”

Sejumlah besar lansia meninggal dunia di Beijing sekitar Tahun Baru Imlek, yang mengakibatkan penurunan tajam dalam permintaan akan pengasuh. Liu, seperti banyak pengasuh lainnya, kehilangan pekerjaan dan kembali ke rumah. Baru-baru ini, dengan meningkatnya jumlah pasien yang menderita akibat COVID, mereka berbondong-bondong datang ke kota-kota besar untuk bekerja sebagai perawat di rumah sakit.

Dokter Tiongkok: Ada 16 Jenis Gejala Sisa dari Virus Corona

Selain itu, seorang dokter Tiongkok daratan memposting video di media sosial yang mengatakan, “Masih ada sejumlah besar pasien dengan gejala yang berhubungan dengan virus Corona di klinik, dan gejala terus-menerus yang tidak boleh diabaikan.

Dokter daratan Sun Guojun mengungkapkan dalam video: “Jumlah gejala sisa dari virus Corona telah meningkat dari 12 menjadi 16 macam, terutama gelombang pertama orang yang pernah positif COVID telah menunjukkan berbagai gejala.”

Seorang yang berprofesi di bidang medis di daratan Tiongkok berkata: “Akhir-akhir ini, saya semakin sering mendengar tentang kematian mendadak orang-orang yang belum terlalu tua. Jumlahnya semakin banyak, dan banyak di antara mereka yang ahli dalam pengobatan dan medis, tetapi ketika berita itu dirilis, penyebab kematian mereka sebagian besar dirahasiakan, sehingga menyisakan banyak ruang bagi orang-orang untuk memikirkannya.” (ET/hui/sun)


0 comments