Mengapa Partai Komunis Tiongkok Menggunakan Balon Udara Sebagai Mata-Mata di Abad ke-21? Para Ahli Menjelaskan!

Pada 4 Februari 2023, militer AS menembak jatuh balon mata-mata PKT. (Haley Walsh/AFP)


ZHANG TING

Insiden balon mata-mata Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang memasuki wilayah udara AS telah mendapat perhatian global baru-baru ini. Penggunaan balon udara untuk spionase sudah ada sejak hampir 230 tahun lalu, dan pada abad ke-21 yang berteknologi tinggi, mengapa balon udara digunakan lagi untuk pekerjaan pengawasan yang memicu spekulasi di antara para ahli.

Pada Sabtu (4/2), Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin mengatakan bahwa Partai Komunis Tiongkok menggunakan balon udara untuk “memata-matai lokasi-lokasi strategis di Amerika Serikat” dan bahwa militer AS telah menembak jatuh balon-balon udara tersebut pada hari itu juga untuk mendemonstrasikan respons AS yang efektif terhadap tindakan Partai Komunis Tiongkok.

Apa Saja Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Satelit dan Balon Udara Sebagai Mata-mata?

Penggunaan balon untuk memata-matai lawan sudah ada sejak tahun 1794, ketika Prancis menggunakan balon udara untuk melacak tentara Austria dan Belanda selama Pertempuran Fleurus. Dalam sebuah artikel untuk The Conversation, Iain Boyd, seorang insinyur kedirgantaraan di University of Colorado di Boulder, membandingkan mata-mata dengan satelit dengan mata-mata dengan balon udara dan menjelaskan mengapa beberapa orang menggunakan balon mata-mata di abad ke-21.

Balon mata-mata adalah balon yang digelembungkan seolah-olah terbang tinggi di angkasa. Balon mata-mata ini dilengkapi dengan kamera canggih dan teknologi pencitraan, yang semuanya diarahkan ke permukaan. Alat ini mengumpulkan informasi dari lapangan melalui fotografi dan teknik pencitraan lainnya.

Pada abad ke-21, satelit mata-mata tentu saja merupakan metode yang lebih disukai untuk melakukan kegiatan spionase dan biasanya ada dua kategori. Satelit pertama dikenal sebagai satelit Near Earth Orbit -NEO- (juga dikenal sebagai LEO) dan satelit lainnya adalah satelit Geosynchronous Orbit (GEO). Satelit NEO lebih dekat ke bumi. Namun demikian, masih berada beberapa ratus mil di atas permukaan. Untuk tujuan pencitraan dan fotografi, semakin dekat Anda ke suatu objek, semakin baik Anda bisa melihatnya, yang juga berlaku untuk spionase. Satelit NEO memiliki keunggulan dibandingkan satelit di orbit geosinkron: satelit ini lebih dekat dengan Bumi, sehingga dapat melihat objek dengan lebih jelas dibandingkan satelit di orbit geosinkron.

Kelemahan dari NEO ini adalah keberadaannya terus bergerak mengelilingi Bumi. Dibutuhkan waktu sekitar 90 menit untuk mengorbit Bumi, yang terlalu cepat untuk mengambil gambar yang jelas.

Kerugian dari satelit yang mengorbit secara geosinkron adalah lebih sulit untuk melihat sesuatu dengan jelas ketika Anda berada dalam kondisi sangat jauh. Namun demikian, keuntungan dari kontinuitasnya memungkinkan satelit untuk menangkap gambar secara terus menerus. Pada orbit ini, Anda pada dasarnya melihat ke bawah pada bagian yang sama dari permukaan Bumi sepanjang waktu karena satelit bergerak dengan cara yang sama persis dengan rotasi Bumi, yaitu berputar dengan kecepatan yang sama persis.

Balon dapat mencapai hasil terbaik dalam beberapa hal. Balon udara jauh lebih dekat ke permukaan daripada satelit mana pun, sehingga dapat melihat lebih jelas. Tentu saja, balon memang bergerak, tetapi bergerak dengan kecepatan yang relatif lambat, sehingga memiliki tingkat kontinuitas. Namun, saat ini negara-negara biasanya tidak menggunakan balon udara untuk spionase karena balon udara merupakan target yang relatif mudah dan tidak dapat dikontrol sepenuhnya.

“Saya tidak tahu apa yang ada di dalam balon mata-mata ini, tapi kemungkinan besar balon ini memiliki berbagai jenis kamera yang mengumpulkan berbagai jenis informasi,” kata Boyd.

Mengapa Partai Komunis Tiongkok menggunakan balon sebagai mata-mata?

Boyd mengatakan bahwa balon udara tidak menimbulkan ancaman nyata bagi Amerika Serikat. Dia berpikir terkadang orang Tiongkok hanya menguji mereka untuk melihat seberapa jauh mereka (PKT) dapat melangkah. Ini bukanlah teknologi yang sangat canggih.

Reuters melaporkan bahwa para ahli keamanan mengatakan bahwa balon mata-mata Partai Komunis Tiongkok yang terbang di atas Amerika Serikat tampaknya menandakan bentuk spionase yang lebih agresif daripada mengandalkan satelit dan mencuri rahasia industri serta pertahanan.

Para pejabat AS mengatakan bahwa Partai Komunis Tiongkok telah menerbangkan balon mata-mata di atas Amerika Serikat sebelumnya, tetapi kali ini mereka tetap berada di atas kepala untuk waktu yang lebih lama.

“Apakah kamera pada satelit (mata-mata) mereka (Tiongkok) tidak memiliki resolusi yang cukup tinggi sehingga mereka harus mengirim balon ke Amerika Serikat?” kata mantan penasihat keamanan nasional Gedung Putih, John Bolton.

Associated Press melaporkan bahwa pensiunan Jenderal Angkatan Darat John Ferrari, seorang cendekiawan tamu di American Enterprise Institute, mengatakan bahwa balon udara tersebut menimbulkan risiko bagi Amerika Serikat meskipun tidak dipersenjatai. Penerbangan itu sendiri, katanya, dapat digunakan untuk menguji kemampuan AS dalam mendeteksi ancaman yang masuk dan mencoba menemukan celah dalam sistem peringatan pertahanan udara AS. Hal ini juga dapat memberikan Partai Komunis Tiongkok akses ke radiasi elektromagnetik yang tidak dapat dideteksi oleh satelit di ketinggian, seperti frekuensi radio berdaya rendah, yang dapat membantu mereka (Partai Komunis Tiongkok) memahami bagaimana sistem senjata AS yang berbeda berkomunikasi.

Insiden balon udara ini terjadi di saat Partai Komunis Tiongkok sedang membangun kekuatan militernya dan menantang kehadiran militer AS di Pasifik. AS juga menuduh Partai Komunis Tiongkok berusaha mendapatkan informasi dan pengetahuan yang bersifat rahasia dari perusahaan-perusahaan AS.

Partai Komunis Tiongkok (PKT) membantah balon tersebut digunakan untuk spionase, dengan mengklaim bahwa balon tersebut adalah “kapal udara” yang digunakan untuk penelitian meteorologi dan penelitian ilmiah lainnya, dan balon tersebut bersifat sipil dan secara tidak sengaja memasuki wilayah udara AS. Pada Sabtu, Partai Komunis Tiongkok menuduh para politisi AS dan media menggunakan insiden tersebut untuk merendahkan Partai Komunis Tiongkok.

AS juga yakin Beijing secara rutin berupaya mendapatkan informasi dan pengetahuan rahasia dari perusahaan AS. Dean Cheng, penasihat senior Program Tiongkok di US Institute of Peace., mengatakan penemuan balon minggu ini tampaknya merupakan provokasi yang disengaja.

“Ini adalah cara untuk menguji bagaimana pihak lain merespons, bukan dalam arti militer. Namun dalam hal politik, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan diam saja?” ujarnya.

Mike Rounds, seorang anggota Komite Angkatan Bersenjata Senat AS dari Partai Republik, mengatakan kepada Fox News bahwa ada baiknya untuk mendaur ulang balon tersebut untuk mengetahui “apakah balon tersebut dirancang untuk benar-benar mengumpulkan data atau hanya digunakan untuk menguji respons kita.”

Pada 2020, Direktur FBI Christopher Wray mengatakan bahwa ancaman jangka panjang terbesar terhadap informasi dan kekayaan intelektual AS adalah ancaman kontraintelijen dan spionase ekonomi dari Partai Komunis Tiongkok.

Begitu besarnya ancaman terhadap rahasia dagang AS yang ditimbulkan oleh Partai Komunis Tiongkok, sehingga FBI memperkirakan pada Oktober lalu bahwa mereka akan membuka operasi kontra-intelijen Tiongkok yang baru setiap 12 jam.

Para ahli mengatakan bahwa dalam beberapa dekade terakhir, Partai Komunis lebih sering menggunakan mahasiswa pascasarjana dan pihak-pihak lain yang memiliki hubungan dengan Tiongkok untuk mendapatkan materi sensitif dengan cara belajar di universitas riset, bekerja di perusahaan teknologi, atau meretas jaringan komputer mereka.

“Masalah Tiongkok jauh melampaui bidang akademis dan ilmiah. Tidak diragukan lagi bahwa dinamika sedang berubah dan (Partai Komunis) Tiongkok menjadi lebih agresif untuk alasan apa pun,” kata Mark Zaid, seorang pengacara di Washington yang terlibat dalam berbagai kasus keamanan nasional AS. (ET/hui/sun)


0 comments