Putin Terpilih Kembali, Kerjasama Rusia-Tiongkok Kembali Meningkat


Setelah terpilih kembali sebagai Presiden Rusia, Vladimir Putin menerima ucapan selamat dari pemimpin Partai Komunis Tiongkok (PKT) yang menekankan bahwa hubungan Rusia-Tiongkok akan semakin kuat di masa mendatang. Saat Perang Rusia-Ukraina memasuki tahun ketiga, pemilihan umum presiden di Rusia diselenggarakan, dengan dua kandidat anti-perang dilarang mencalonkan diri, dan pemimpin oposisi terbesar Putin, Navalny, meninggal secara mendadak di penjara bulan lalu, Putin meraih kemenangan yang disebut "mengagumkan". Namun, hasil ini juga memicu kontroversi internasional.

Pada 18 Maret, pemimpin Partai Komunis Tiongkok (PKT), Xi Jinping, mengirimkan pesan selamat kepada Putin dan berjanji untuk terus mengembangkan hubungan Tiongkok-Rusia. Putin juga menyatakan bahwa Rusia dan Tiongkok memiliki banyak kepentingan bersama dalam bidang ekonomi dan politik internasional, dan akan memperkuat hubungan mereka dalam beberapa tahun mendatang.
Ketua Eksekutif Asosiasi Inspirasi Taiwan (TIA), Lai Rongwei, menyatakan bahwa kedua negara tersebut saling melengkapi dalam hal individu, penggulingan tatanan internasional, dan kepentingan nasional. Namun, kedua negara ini juga memiliki pertentangan, dengan musuh utama mereka saat ini adalah Amerika Serikat dan Uni Eropa. Putin akan memasuki periode kepresidenan kelima selama enam tahun ke depan, sementara Xi Jinping, pada tahun lalu, mengakhiri periode tiga masa jabatan yang tradisional, dan diperkirakan ingin memerintah seumur hidup. Kedua pemimpin ini akan terus bekerja sama untuk mendorong apa yang disebut sebagai "perubahan besar abad ini", yang akan memiliki dampak besar pada situasi global. Profesor Institut Urusan Internasional dan Strategi Universitas Tamkang, Weng Mingxian, menyatakan bahwa satu faktor lain yang akan mempengaruhi "perubahan besar abad ini" yang disebut-sebut oleh Tiongkok dan Rusia adalah pemilihan umum Amerika pada akhir tahun ini. Meskipun Tiongkok telah memberikan dukungan diplomatik dan ekonomi kepada Rusia, pengamat mengingatkan bahwa ada juga pertentangan antara kedua negara tersebut. Lai Rongwei menyatakan bahwa meskipun Tiongkok mungkin mendukung Rusia, tetapi mereka juga harus mempertimbangkan hubungannya dengan negara-negara tetangga, dan tidak terlibat sebanyak Rusia dalam konflik Ukraina. Oleh karena itu, Tiongkok harus berusaha untuk tetap netral secara publik untuk mempertahankan legitimasinya di panggung internasional. Lai Rongwei menambahkan bahwa kedua negara ini terpaksa bekerja sama saat ini karena Rusia membutuhkan bantuan Tiongkok dan Tongkok sedang dikepung oleh Amerika Serikat. Namun, keduanya juga bersaing, dan Putin akan sangat memperhatikan apakah Belt and Road Initiative sedang menghancurkan wilayah Rusia selama perang Rusia-Ukraina.

0 comments