Aksara Tiongkok: Yin, Yáng (陰, 陽)

Menurut teori tradisional Tiongkok tentang yin dan yáng, yin mewakili sifat feminin atau energi negatif dari alam dan yáng mewakili sifat maskulin atau energi positif dari alam.

CINDY CHAN
The Epoch Times

Aksara 陽 (yáng) adalah aksara Tiongkok yang dikaitkan dengan segala hal yang bersifat maskulin, positif, dan cerah.

Sebagai kata benda, aksara ini biasanya dikaitkan pada teori tradisional Tiongkok tentang yin dan yáng, dimana yáng (陽) mewakili sifat plus atau energi positif dan yin (陰) mewakili sifat minus atau energi negatif dari alam.

Teori yin-yáng, yang berasal dari zaman kuno, menjelaskan sifat alam semesta dalam pengertian dua kekuatan atau prinsip yang saling bertentangan tetapi saling melengkapi dan saling bergantung.

Di sisi kanan, aksara 陽 pada simbol 日 (rì), di bagian atas adalah radikal (penggolong gramatikal) atau aksara untuk matahari, dan radikal atau aksara 勿 (wù) di bagian bawah yang berarti “tidak boleh” atau “jangan,” terlihat seolah menggambarkan sinar dari matahari.

Dengan demikian, aksara 陽 (yáng) juga digunakan untuk merujuk pada matahari atau sinar matahari seperti pada 太 陽 (tài yáng), dan cahaya matahari, seperti dalam 陽光 (yang guāng).

Selain itu, aksara 陽 juga dapat diartikan sebagai sisi utara sungai dan sisi selatan bukit atau gunung.

Aksara 陰 (yin) di sisi lain, digunakan sebagai prinsip yang berlawanan (feminin) di alam, umumnya aksara ini merujuk pada bulan, seperti dalam 太 陰 (tài yin), dan pada kalender lunar, 陰曆 (yīn lì).

Kalender lunar juga disebut 農曆 (nóng lì), yang secara harfiah dapat diartikan sebagai “kalender pertanian”; 舊歷 (jiù lì), “kalender Tiongkok kuno [gaya lama]”; dan 夏曆 (xià lì), “kalender musim panas.”

Selain itu, aksara 陰 juga dapat menggambarkan sifat dingin atau teduh, seperti dalam 陰涼 (yin liáng). Juga dapat diartikan sebagai sisi selatan sungai dan sisi utara bukit atau gunung.

Menurut teori yin dan yáng, tubuh bagian atas, tubuh bagian belakang, serta sisi kiri tubuh dianggap sebagai yáng (positif/ plus), sedangkan tubuh bagian bawah, tubuh bagian depan, serta sisi kanan tubuh dianggap sebagai yin (negatif/minus).

0 comments