Aksara Mandarin untuk pengobatan : Yao (藥)

 

Dalam pengobatan Tiongkok, selain ekstraksi obat dari pengobatan tanaman herbal, penerapan musik dengan target tertentu juga memainkan peran penting

THE EPOCH TIMES

Aksara 藥 (yào) dalam bahasa Mandarin mengacu pada kata pengobatan atau obat. Menurut mitologi, Shénnóng sang “Petani Suci”. Dia adalah Dewa Pertanian. Dia dikenal dengan percobaannya pada ratusan tanaman herbal untuk menguji kadar penyembuhannya. Setelah percobaannya, tanaman herbal 草 (căo) dianggap dapat menyembuhkan. Oleh karena itu aksara 藥 berisi versi singkat dari aksara ini yakni, 艹, yang berarti herbal. Shénnóng dikatakan telah mengajarkan praktik pertanian pada masyarakat.

Setengah bagian bawah aksara ini adalah 樂 yang diucapkan baik sebagai lè maupun yuè. Satu sisi, diartikan sebagai “kegirangan” dan “kegembiraan,” sedangkan di sisi lain diartikan sebagai “musik.” Oleh karena itu dalam pengobatan Tiongkok, selain ekstraksi obat dari pengobatan tanaman herbal, penerapan musik dengan target tertentu juga memainkan peran penting.

Menurut mitologi Tiongkok, Huangdi, atau sering dikenal dengan Kaisar Kuning, pernah ditantang untuk berkelahi oleh musuhnya Chiyou. Setelah bermimpi, Kaisar Kuning akhirnya menggunakan drum kulit sapi untuk menaklukkan musuh dan artileri besi dan perunggu musuhnya. Tidak hanya lusinan prajurit Chiyou yang pingsan dan meninggal, tetapi tentara Kaisar juga hampir meninggal. Akhirnya, ahli musik Huangdi menggunakan alat penggesek (bow) khusus yang dapat menghasilkan musik yang indah yang dapat menggapai seluruh prajurit Kaisar, dan memberi mereka energi baru untuk hidup.

Sejak itu, pengobatan Tiongkok juga memiliki karakteristik semacam ini. Penggunaan musik sebagai obat juga ditunjukkan dalam aksara 白 (bái), yang berada di tengah aksara 藥. Meskipun aksara 白 umumnya berarti “putih,” namun dalam hal ini mengacu pada plectrum atau plektra (seperti pick), yang digunakan untuk memetik atau memainkan instrumen senar.

0 comments