Media Negara Tiongkok Berjibaku ‘Berjuang’ Mendukung Xi Jinping, Ada Apa di Internal PKT?

Xi Jinping dalam krisis (PHILIP FONG / AFP via Getty Images)

WINNIE HAN

Media yang dikelola pemerintahan Partai Komunis Tiongkok (PKT) menjalankan editorial satu demi satu untuk membela perjuangan, tidak lama setelah pemimpin partai komunis Tiongkok, Xi Jinping mengharuskan kader-kader komunis untuk berpegang teguh pada prinsip dan berani berjuang.

Selain itu, laporan media baru-baru ini mengenai tindakan yang diambil untuk mengendalikan banjir ”dianggap sebagai pencapaian politik di Tiongkok”sama sekali mengabaikan mantan pemimpin Tiongkok Jiang Zemin dan memuji Xi Jinping, sebuah langkah yang tidak biasa adalah sangat berbeda dengan pelaporan sebelumnya.

Pada 1 September, Xi Jinping menghadiri upacara pembukaan Kursus Pelatihan Kader Usia Muda dan Menengah di Sekolah Partai Pusat dan menyampaikan sebuah pidato yang menuntut kader muda harus setia dan berani berjuang.

Xi Jinping mengakui, bahwa Tiongkok saat ini sedang mengalami perubahan besar yang tidak terlihat dalam satu abad ini, dan Partai Komunis Tiongkok menghadapi semakin banyak risiko dan tantangan.

Xi Jinping memberitahukan kepada peserta pelatihan untuk tidak mengharapkan sebuah kehidupan yang mudah, melainkan bersiap-siap untuk berjuang.

Kemudian, pada 5 September, People’s Daily, corong utama Partai Komunis Tiongkok, menerbitkan sebuah tajuk rencana berjudul Taati Prinsip-prinsip dan Berani Berjuang.

Panjangnya sedikit di atas 650 kata, artikel tersebut menggunakan kata perjuangan sebanyak 28 kali. Sebuah ciri khas perdana Partai Komunis Tiongkok adalah keberaniannya untuk berjuang.

Partai Komunis Tiongkok memiliki jejak ‘perjuangan’ saat lahir dan bergantung pada ‘perjuangan’ untuk bertahan, tulis artikel tersebut. Hal itu mengandalkan ‘perjuangan’ untuk sampai ke hari ini, dan hal itu akan tergantung pada ‘perjuangan’ untuk mencari sebuah masa depan (yang cerah).

Pada hari berikutnya, Komisi Pusat Inspeksi Disiplin juga menerbitkan sebuah artikel online menggunakan judul yang sama, mengklaim bahwa arah umum perjuangan Partai Komunis Tiongkok adalah untuk mematuhi kepemimpinan Partai Komunis Tiongkok dan sistem sosialis.

Pada hari yang sama, sebuah outlet militer Tiongkok juga menerbitkan sebuah komentar dengan kurang dari 600 kata, namun menyebut kata “perjuangan” sebanyak 25 kali.

Sekitar waktu yang sama, People’s Daily dan Xinhua News Agency, menerbitkan artikel yang memuji bagaimana Partai Komunis Tiongkok, melawan banjir Sungai Yangtze pada tahun 1998. Kedua artikel itu tidak hanya memiliki tema yang sama, tetapi juga ditulis dengan gaya yang sama.

Yang paling mencolok adalah bahwa tidak ada artikel yang menyebutkan Jiang Zemin, pemimpin Partai Komunis Tiongkok pada saat itu, tetapi sangat memuji instruksi pencegahan banjir oleh Xi Jinping ketika Xi Jinping mengunjungi Provinsi Anhui pada tahun 2020.

Faktanya, sebenarnya keputusan Jiang Zemin yang memperburuk kerusakan disebabkan oleh banjir Sungai Yangtze pada tahun 1998.

Pada 6 Agustus 1998, ketika banjir memuncak di hulu Sungai Yangtze dan tiba di Yichang, Provinsi Hubei, Jiang Zemin memerintahkan pejabat setempat untuk dengan ketat menjaga dan melindungi tanggul utama Sungai Yangtze.

Jiang Zemin memveto rencana “membuka pintu air dan mengalihkan banjir”, bersama-sama diusulkan oleh Dewan Negara Partai Komunis Tiongkok dan pihak berwenang di Hubei.

Sebagai akibatnya, banjir meruntuhkan sejumlah tanggul di beberapa lokasi di hilir, antara lain sebuah lokasi penting, menyebabkan puluhan ribu kematian dan puluhan miliar dolar dalam kerugian ekonomi.

Ketika banjir mengamuk, Jiang Zemin tetap pada perintahnya untuk menjaga dengan ketat terhadap banjir tanggul utama, dan terus-menerus mengirimkan pasukan tambahan dan polisi bersenjata, serta tenaga kerja di tingkat-tingkat lokal untuk menjaga keutuhan tanggul.

Menurut data dari Kementerian Pemeliharaan Air, lebih dari 70 juta personel militer dan pekerja migran dimobilisasi di sepanjang Sungai Yangtze saja, dan sekitar 1,5 miliar dolar AS dalam bentuk sumber daya keuangan diinvestasikan dalam usaha ini.

Setelah banjir, Jiang Zemin memeriksa tanggul Jingjiang di Hubei pada 25 Agustus 1998, dan membual mengenai betapa kuatnya Tentara Pembebasan Rakyat.

Khususnya, laporan sebelumnya mengenai topik pada tahun 1998 memuji Jiang Zemin. Namun, artikel terbaru ini tidak menyebut Jiang Zemin sama sekali.

Sebagai gantinya, liputan besar-besaran dikhususkan untuk pidato Xi mengenai pencegahan dan pengendalian banjir selama kunjungannya ke Provinsi Anhui pada tahun 2020.

Pada tahun 2022, Partai Komunis Tiongkok akan mengadakan Kongres Nasional ke-20. Li Yanming, seorang komentator urusan Amerika Serikat terkini dan pakar Tiongkok, mengatakan kepada The Epoch Times, bahwa artikel yang menggembar-gemborkan perjuangan menunjukkan bahwa konflik internal Partai Komunis Tiongkok di eselon atas baru-baru ini meningkat.

Xi Jinping telah membersihkan raksasa internet, sistem politik dan hukum, sistem keuangan, serta selebriti di industri hiburan — yang memiliki hubungan dengan faksi Jiang Zemin — dalam mempercepat terselenggaranya Kongres Nasional ke-20.

Ini semua adalah tanda yang menunjukkan bahwa, faksi Xi Jinping sedang mencoba untuk menyapu bersih faksi Jiang Zemin, dan menunjuk perjuangan internal untuk Jiang Zemin sendiri. (ET/Vv/sun)

Winnie Han saat ini terlibat dalam pelaporan berita Tiongkok untuk The Epoch Times. Dia adalah dosen di Nantong University of China dan editor untuk Epoch Times Selandia Baru. Dia memegang BA dan MA dalam Psikologi Pendidikan dan Perkembangan serta Magister Filsafat dan Ph.D. dalam Studi Wanita.

0 comments