Donald Trump Debut Perdana Kampanye Pilpres 2024

Mantan Presiden Donald Trump, didampingi oleh Senator Lindsay Graham (R-S.C.) (R), dan Gubernur South Carolina Henry McMaster (L), berbicara dalam sebuah acara kampanye pemilu 2024 di Columbia, S.C., pada 28 Januari 2023. (Logan Cyrus / AFP via Getty Images)


FRANK FANG

Mantan Presiden Donald Trump mengunjungi dua negara bagian yang memiliki pemungutan suara awal di New Hampshire dan South Carolina pada 28 Januari, memulai debut perdana kampanye sejak mengumumkan pencalonan dirinya sebagai calon presiden Amerika Serikat pada 2024 pada November tahun lalu.

“Pemilu 2024 adalah kesempatan kita untuk menyelamatkan negara kita, dan kita membutuhkan seorang pemimpin yang siap untuk melakukannya pada hari pertama,” kata Trump dalam sebuah pidato di Columbia, South Carolina.

“Kita membutuhkan seorang pejuang yang dapat melawan kaum kiri, yang dapat melawan rawa, melawan media, melawan deep state,” ujarnya.

“Apakah saya boleh mengatakan melawan RINO?” Trump melanjutkan, merujuk pada akronim untuk “Republican in Name Only.”

“Untuk melawan kaum globalis dan Tiongkok, dan membela Amerika. Dan itulah yang kami lakukan, kami membela Amerika,” tambah Trump.

“Anda membutuhkan seorang presiden yang dapat menghadapi seluruh sistem dan presiden yang dapat menang.”

Mantan presiden ini menambahkan, “Bersama-sama kita akan menyelesaikan pekerjaan yang belum selesai untuk membuat Amerika hebat lagi.”

Trump juga mengumumkan tim kepemimpinannya di South Carolina, yang akan dikepalai oleh Gubernur South Carolina Henry McMaster. Anggota lain yang masuk dalam tim kepemimpinan tersebut adalah Wakil Gubernur Pamela Evette, Senator Lindsey Graham (R-S.C.), Senator Russel Fry (R-S.C.), Senator William Timmons (R-S.C.), Senator Joe Wilson (R.C.), mantan Jaksa Agung AS Peter McCoy, dan mantan duta besar AS untuk Swiss, Ed McMullen.

“Kampanye ini akan menjadi tentang masa depan. Kampanye ini akan menjadi tentang isu-isu,” tambah Trump, sebelum mengkritik Presiden Joe Biden dan berbagai kebijakan pemerintahannya, seperti pengawasan perbatasan, krisis narkoba, dan ekonomi.

“Joe Biden telah menempatkan Amerika di jalur cepat menuju kerusakan dan kehancuran, dan kami akan memastikan bahwa dia tidak akan mendapatkan empat tahun lagi,” tambah Trump.

Menyingkirkan ‘Tangan-tangan Marxis dari Anak-anak Kita’

Salah satu isu khusus yang Trump katakan akan ia tangani jika terpilih adalah pendidikan.

“Kami akan menghentikan para rasis dan penyimpang radikal sayap kiri yang mencoba mengindoktrinasi generasi muda kita. Dan kita akan menyingkirkan tangan-tangan Marxis mereka dari anak-anak kita,” kata Trump.

“Kita akan mengalahkan kultus ideologi gender dan menegaskan kembali bahwa Tuhan menciptakan dua jenis kelamin, yaitu pria dan wanita.”

“Kami tidak akan mengizinkan pria bermain dalam olahraga wanita,” tambahnya.

“Kami akan menyelamatkan martabat wanita dan kami akan menyelamatkan olahraga wanita itu sendiri.”

Trump juga mengatakan bahwa ia akan berusaha untuk mempertahankan pemilihan pendahuluan presiden di South Carolina sebagai “yang pertama di Selatan,” yang telah berlangsung pada Super Tuesday.

“Ini adalah negara bagian yang sangat penting, yang pertama di Selatan,” kata Trump. “Dan ada orang-orang yang ingin memindahkannya. Saya berkata, ‘kami tidak akan memindahkan South Carolina.”

‘Lebih Berkomitmen Sekarang’

Sebelum pidatonya di Columbia, Trump berbicara pada pertemuan tahunan Komite Negara Bagian Partai Republik New Hampshire di Salem, New Hampshire. Ia menepis anggapan bahwa ia memulai kampanyenya dengan lambat sejak mengumumkan pencalonan ketiganya sebagai calon presiden.

“Mereka mengatakan, ‘Dia tidak melakukan kampanye, dia tidak berkampanye. Mungkin dia kehilangan langkah,'” kata Trump di Salem.

Namun, Trump mengatakan, “Saya lebih marah sekarang dan saya lebih berkomitmen sekarang daripada sebelumnya.”

Trump mengumumkan Stephen Stepanek, ketua Partai Republik New Hampshire yang sudah tidak menjabat, akan bergabung dengan timnya sebagai penasihat senior untuk kampanyenya di Negara Bagian Granite. Chris Ager, anggota Komite Nasional Partai Republik, telah terpilih sebagai ketua baru untuk menggantikan Stepanek.

Kalender Pemilihan Pendahuluan

Mantan Presiden ini mengkritik upaya Partai Demokrat untuk mengubah kalender pemilihan pendahuluan mereka.

“Sejak awal, saya sangat membela status pemilihan pendahuluan New Hampshire sebagai yang pertama di negara ini. Saya telah menjadi pembela Anda,” kata Trump. “Saya menolak untuk membiarkan anggota Partai Republik mana pun, dan ada beberapa yang Anda tahu siapa mereka. Bahkan berpikir untuk menghilangkan status yang disayangi itu.”

Untuk memenuhi keinginan Biden, Komite Aturan dan Anggaran Rumah Tangga Komite Nasional Demokrat (DNC) meloloskan proposal pada Desember yang menjadikan South Carolina sebagai pemungutan suara pertama dalam kalender pencalonan presiden partai. Berdasarkan proposal tersebut, pemilihan pendahuluan di South Carolina akan diadakan pada 3 Februari, diikuti oleh Nevada dan New Hampshire pada tanggal 6 Februari, Georgia pada tanggal 13 Februari, dan Michigan pada 27 Februari.

Iowa secara historis merupakan negara bagian pertama yang mengadakan kaukus tertutup, diikuti oleh New Hampshire dengan pemilihan pendahuluan pertama.

“Kami akan membasmi deep state dan menghentikan persenjataan badan-badan federal karena ada persenjataan yang belum pernah dilihat orang,” tambah Trump.

“Kita akan mengambil kembali negara kita, dan kita akan mengambil kembali Gedung Putih, dan kita akan meluruskan Amerika Serikat,” tegasnya. (ET/asr/sun)


0 comments