Kabar Buruk! Virus Mutan Corona E484K, yang Paling Mengkhawatirkan Muncul di Inggris

Public Health England melaporkan bahwa mutasi E484K muncul secara spontan di Inggris, tetapi belum mendapat perhatian luas di luar komunitas ilmiah.

ABOLUOWANG.COM

Mutasi E484K terjadi pada protein spike virus Varian Afrika Selatan dan Brasil yang telah menimbulkan kekhawatiran internasional, semuanya mengalami mutasi yang sama.

Dilansir dari Reuters, Anggota Scientific Advisory Group for Emergencies / SAGE atau Kelompok Penasihat Ilmiah untuk Keadaan Darurat, Calum Semple mengatakan di radio BBC bahwa di beberapa bagian Inggris, strain virus Kent baru, juga secara spontan mutasi paling mengkhawatirkan dari E484K muncul. Menurut Calum Semple itu mutasi yang “paling mengkhawatirkan” dari E484K.

Virus varian Inggris pertama kali ditemukan di Kent, Inggris selatan. Para ilmuwan menyebutnya B.1.1.7. B.1.1.7 VOC adalah varian yang menjadi perhatian.

Public Health England melaporkan bahwa mutasi E484K muncul secara spontan di Inggris, tetapi belum mendapat perhatian luas di luar komunitas ilmiah.

Ringkasan singkat pada saat itu menyatakan, “Sejumlah B.1.1.7 VOC telah terdeteksi genom membawa mutasi E484K.”

Menurut BBC, para ahli yang bekerja dengan Badan Kesehatan Masyarakat Inggris telah menemukan mutasi E484K hanya dalam sejumlah kecil varian Inggris – hanya 11 dari 214.159 sampel yang diuji.

Meskipun mutasi ini dapat mengurangi keefektifan vaksin, vaksin yang saat ini digunakan seharusnya masih tetap efektif.

Julian Tang, seorang ahli virus di University of Leicester, Inggris berkomentar bahwa untuk menghindari mutasi virus lebih lanjut, penting bagi masyarakat untuk mematuhi pembatasan pencegahan epidemi dan mengurangi jumlah kasus. (et/hui/sun)

0 comments