Kota Kuno Italia yang Tenggelam di Abad ke-13 Muncul Kembali ke Permukaan

Setelah tenggelam di danau selama beberapa dekade, kota kuno abad ke-13 Fabbriche di Careggine muncul kembali ke permukaan air. (Sky News)

Dijuluki “Kota hantu bawah air”

Namun di luar dugaan, rumah-rumah batu itu tidak semuanya hancur meskipun terus terendam dalam air. Tampaknya metode konstruksi kuno ini sangat kuat dan tahan lama.

YAN HUA

Beberapa waktu lalu sebuah kota kuno muncul dari dalam air bendungan Italia, terlihat misterius dan aneh. Beberapa media bahkan menyebutnya ‘kota hantu di bawah air’, ini adalah kisah nyata sebuah desa di Italia.

Bendungan itu terletak di Desa Fabbriche di Careggine, Toskana, Louga, Italia.

Pada 1946, ada rencana lokal membangun bendungan guna dimanfaatkan oleh stasiun pembangkit listrik tenaga air di sana. Selain itu, air bendungan juga digunakan sebagai cadangan air, sekaligus dimanfaatkan sebagai persediaan air pada saat terjadi kebakaran di daerah sana. Pada saat itu bendungan besar tersebut dapat menampung air sebanyak 34 juta meter kubik.

Karena kebutuhan untuk membangun bendungan, seluruh penduduk desa dipindahkan ke kota terdekat yang bernama Valisoto.

Menurut laporan sejumlah media asing, desa yang dijuluki “Kota Hantu Bawah Air” tersebut dibangun pada abad ke-13 yang mayoritas penduduknya hidup sebagai pandai besi.

Jadi, sejak hari bendungan selesai, seluruh perkampungan di sana terendam air dan terus berlanjut hingga sekarang. Alasan mengapa kota kuno ini muncul lagi ke permukaan, hanyalah karena ketika proyek pemeliharaan bendungan perlu dilakukan, air dalam bendungan harus dikeringkan. Sedangkan kota kuno misterius ini baru dapat muncul ke permukaan. Namun, saat ini, orang hanya dapat melihat dari jauh. Orang juga belum dapat mendekat karena sebagian besar masih berada dalam air.

Menurut laporan, kota kuno tersebut sebelumnya juga memiliki catatan naik ke permukaan selama 4 kali, yaitu pada 1958, 1974, 1983, dan 1994. Dan sekarang muncul kembali setelah 26 tahun berlalu. Ada beberapa video lama di YouTube, termasuk foto-foto orang yang akan mengunjungi kota kuno itu dengan bangunan-bangunan yang masih berdiri tegak.


Padahal bangunan-bangunan yang dibangun pada abad ke-13 itu sebagian besar terbuat dari batu, namun di luar dugaan, rumah batu itu tidak semuanya hancur meskipun terus terendam dalam air. Tampaknya metode konstruksi kuno ini sangat kuat dan tahan lama.

Pada Mei, Lorenza Giorgi, putri dari mantan walikota wilayah tersebut, menulis di Facebook: “Saya beritahu Anda bahwa saya memperoleh beberapa informasi bahwa pada 2021, bendungan ini akan dikosongkan.”

Perusahaan Italia yang Mengelola Danau Ini adalah Enel

Seorang juru bicara Enel mengatakan kepada Fox News: “Pada pemulihan perkampungan Fabbriche di Careggine, sebuah nota kesepahaman sedang ditandatangani secara resmi antara kelompok kami dan kotamadya Vagli di Sotto untuk mendukung Progetto Essere-Vagli pada 2020. “Kelompok kerja akan menentukan kelayakan proyek”.

Lorenza Giorgi mengatakan: “Karena itu, kita tahu bahwa proyek ini dapat dimulai pada tahun 2020, tetapi ini tidak menjamin bahwa perkampungan akan muncul pada tahun ini, dan itu lebih mungkin terjadi pada tahun 2021”. Lebih dari 1 juta orang pengunjung datang saat perkampungan tersebut muncul pada terakhir kalinya. Mereka menyaksikan reruntuhan hantu kota kuno abad pertengahan di Toskana. (et/osc/sun)

0 comments