Sebanyak 401 Dokter dan 315 Perawat Meninggal Dunia Akibat COVID-19

Gambar menunjukkan seorang petugas kesehatan memvaksinasi orang-orang di pusat vaksinasi di Banda Aceh, Indonesia. (CHAIDEER MAHYUDDIN/AFP via Getty Images)

Sejak awal pandemi melanda Indonesia, ratusan tenaga medis Indonesia yang terinfeksi COVID-19 meninggal dunia. Mereka terdiri para dokter dan perawat.

“Per bulan Juni total bisa dikatakan 401 dokter telah meninggal,” kata Ketua Tim Mitigasi Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) dr Adib Khumaidi, SpOT, dalam jumpa pers Tim Mitigasi Dokter PB IDI, Jumat (25/6/2021) dikutip oleh Republika.

Ia menambahkan, kasus meninggal dunia di kalangan dokter meningkat pada Juni 2021 yang tecatat sebanyak 26 dokter. Sejumlah data-data juga dikoordinasikan dengan rekan-rekan di persatuan perawat nasional Indonesia (PPNI).

Rincian tenaga kesehatan yang meninggal dunia adalah :

Dokter: 401 orang (24 Juni 2021)

Perawat: 315 orang

Tenaga Laboratorium: 25 orang

Dokter Gigi: 43 orang

Apoteker: 15 orang

Bidan: 150 orang

Adib menyerukan kepada tenaga Kesehatan untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap COVID-19 hingga memperhatikan lebih serius terkait penggunaan alat pelindung diri (APD).

Ia juga mengimbau kepada para dokter di atas 65 tahun agar tetap di rumah dan tentunya mohon bantuan jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Selain itu, diminta mengurangi aktivitas sosial, perketat penerapan 6M, dan melaporkan ke dokter mitigasi atau cabang dan perhimpunan masing-masing. (ET/asr/sun)

0 comments